apa itu akuntansi

Apa itu Akuntansi? Pengertian, Contoh, dan Manfaat dalam Berbisnis

Apa itu akuntansi? Akuntansi bukan hanya sekadar ilmu perhitungan yang sederhana, meskipun dalam penerapanya banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk kamu yang bergerak di bidang bisnis.

Dengan menerapkan ilmu akuntansi yang baik dan benar, diharapkan sebuah bisnis dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Nah, lalu apa itu akuntansi? Yuk, simak ulasan mengenai akuntansi berikut ini. 

Apa itu akuntansi?

Jika Anda bertanya-tanya apa itu akuntansi, sebelumnya kita lihat dulu pengertian di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, akuntansi adalah suatu teori dan praktik pembuatan akun. Di dalamnya akuntansi mencakup prinsip, standar, serta tanggung jawab, dan semua kegiatan yang berkaitan dengan akuntan. Misalnya, pencatatan transaksi keuangan, memeriksa angka/nominal, serta merangkum dan menafsirkan sebuah transaksi terhadap kondisi ekonomi suatu bisnis. 

Sedangkan menurut Suparwoto R., akuntansi adalah suatu sistem atau teknik untuk mengelola dan mengukur transaksi keuangan dan memberikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak intern dan ekstern perusahaan.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan terkait pertanyaan tentang apa itu akuntansi? Akuntansi adalah suatu proses yang dimulai dengan pencatatan, pengelompokan, pengolahan, penyajian data, serta pencatatan transaksi keuangan.

Akuntansi sangat penting dalam mengukur hasil kegiatan ekonomi dalam sebuah perusahaan dan menyampaikan informasi kepada beberapa pihak, seperti investor, kreditor, regulator, hingga manajemen. 

Komponen akuntansi

Dalam pembuatan laporan keuangan, terdapat beberapa komponen yang harus dianalisis di mana komponen-komponen tersebut sangat mempengaruhi laporan keuangan.

Jadi, selain kita harus tau apa itu akuntansi, berikut adalah beberapa komponen akuntansi.

  • Harta, atau lebih dikenal dengan aset merupakan semua yang dimiliki oleh sebuah bisnis yang berbentuk maupun tidak berbentuk. Aset dapat berupa uang, bangunan, hingga hak cipta sebuah merk atau produk. 
  • Kewajiban, adalah hal-hal yang harus dilakukan sebuah bisnis dalam setiap periode, seperti halnya pembayaran utang ke bank, penggajian karyawan, dll.
  • Ekuitas, adalah harta yang tidak bergerak dalam sebuah bisnis di mana ekuitas juga disebut nilai investasi dari sebuah bisnis.
  • Pendapatan, adalah semua pendapatan yang didapat oleh sebuah bisnis dalam kurun waktu tertentu.
  • Pengeluaran, adalah semua jenis pengeluaran yang dibayarkan oleh sebuah bisnis dalam kurun waktu tertentu.

Manfaat akuntansi

Manfaat utama akuntansi adalah sebagai fungsi penghitungan serta analisis arus keuangan dalam sebuah bisnis. Akuntansi juga merupakan salah satu bagian vital dalam sebuah bisnis.

Seorang akuntan harus memiliki ketelitian yang baik agar laporan perusahaan valid dan menjadi informasi yang berguna. Nah, apa saja manfaat dari akuntansi yang lain? Yuk, simak manfaat akuntansi dalam bisnis berikut ini.

  • Alat pengontrol dan pengendali keuangan. Akuntansi sangat berperan dalam mengontrol dan mengendalikan keuangan sebuah bisnis. Di mana akuntansi dapat memberikan informasi pengelolaan keuangan seperti keuntungan atau kerugian perusahaan, sehingga secara tidak langsung akuntansi mampu mengendalikan pengeluaran sebuah bisnis agar bisnis lebih stabil.
  • Penyedia informasi keuangan sebagai dasar pengambil keputusan sebuah bisnis. Seorang manajer bisnis biasanya dituntut untuk mengambil keputusan secara cepat dan tanggap. Dalam pengambilan keputusan manajemen, akuntansi berfungsi dalam membantu menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan sebagai dasar pengambilan keputusan agar bisnis tetap stabil.
  • Dasar alokasi sumber daya. Sumber daya seperti halnya modal apabila digunakan untuk investasi secara tepat, mampu menghasilkan keuntungan yang bagus bagi setiap bisnis. Dalam menentukan alokasi sumber daya, akuntansi sangat berguna dalam pengalokasian dana untuk kebutuhan bisnis yang didasarkan pada informasi yang ada pada laporan keuangan.  
  • Alat evaluasi bisnis. Laporan keuangan bulanan yang dibuat oleh seorang akuntan sangat berguna dalam evaluasi bisnis periode sebelumnya dan dijadikan rujukan untuk bulan selanjutnya. Dari laporan keuangan tersebut, kekuatan bisnis dapat dievaluasi dan untuk selanjutnya dapat merencanakan strategi bisnis untuk periode ke depannya. Kamu bisa menganalisis pengeluaran yang sekiranya sangat penting dan menghasilkan nilai tambah pada bisnis atau pengeluaran yang kurang begitu menghasilkan nilai untuk bisnismu.
  • Informasi untuk pihak eksternal. Pemberi modal atau investor sangat membutuhkan laporan keuangan guna mengukur kinerja dari sebuah bisnis. Jika keuangan bisnis stabil dan sehat, ada kemungkinan pihak investor atau pemberi modal akan menanamkan modal kembali untuk kemajuan sebuah bisnis. Begitu juga sebaliknya jika keuangan bisnis sedang tidak stabil dan kurang baik, pihak investor akan memberikan masukan terhadap kinerja bisnis serta membantu proses pengambilan keputusan terhadap sebuah bisnis. 

Contoh penerapan akuntansi dalam bisnis

Jika dijabarkan penerapan akuntansi dalam bisnis sangatlah luas. Bahkan akuntansi merupakan salah satu bagian terpenting dalam dunia bisnis.

Setelah mengetahui apa itu akuntansi, berikut adalah beberapa contoh penerapan akuntansi dalam bisnis.

  • Catatan arus kas masuk. Arus kas masuk merupakan semua dana yang masuk ke dalam sebuah bisnis. Salah satu arus kas masuk adalah berasal dari penjualan, di mana keterangan yang dimasukkan meliputi nama pembeli, nomor nota, jumlah produk yang dibeli, hingga jumlah total pembayaran.

Catatan arus kas dibuat dalam bentuk tabel yang jelas sehingga informasi penting yang akan yang dibutuhkan dapat dibaca dengan mudah. Laporan arus kas masuk bisa disusun sebagai laporan harian, mingguan, hingga bulanan.

  • Catatan Besaran Modal. Catatan besaran modal berisi modal yang akan dialokasikan untuk kegiatan bisnis. Catatan ini berfungsi dalam merekam jalanya modal untuk dialokasikan dalam bidang-bidang yang ada dalam sebuah bisnis.
  • Pembukuan Inventaris. Ini merupakan pendaftaran semua aset perusahaan agar dapat diidentifikasi dengan mudah dan mengurangi risiko kehilangan aset. Buku ini juga berisi pengeluaran dana yang tak terduga, seperti sumbangan, belanja perusahaan, hingga dana hibah.
  • Catatan arus kas keluar. Arus kas keluar merupakan kebalikan dari arus kas masuk, di mana arus kas keluar mencatat semua jenis pengeluaran selama periode tertentu dalam sebuah perusahaan. Biasanya catatan arus keluar berisi jenis pengeluaran, tanggal, biaya yang dikeluarkan, nama supplier, hingga jenis pembayaran. Pencatatan arus kas keluar sebaiknya dilakukan secara realtime agar laporan rapi dan dapat dibaca dengan mudah.
  • Laporan Arus Kas. Laporan arus kas adalah pencatatan semua jenis perubahan keuangan pada sebuah bisnis termasuk dana masuk dan dana keluar. Laporan Arus kas biasanya berisi tanggal transaksi, pemasukan, pengeluaran, keterangan pembayaran, dan saldo yang berada dalam kas. 
  • Laporan laba rugi. Laporan laba rugi merupakan salah satu laporan terpenting dalam sebuah bisnis. Biasanya laporan laba rugi berisi beberapa elemen, seperti pembelian, harga pokok penjualan, pendapatan, harga penjualan produk, sehingga nantinya bisa menghasilkan laba kotor dari beberapa elemen tersebut.
  • Laporan stok barang. Laporan ini merupakan laporan jumlah seluruh barang yang dimiliki bisnis tersebut. Biasanya dalam laporan stok barang berisi keterangan mengenai jumlah barang, transaksi  barang, hingga deskripsi barang, untuk selanjutnya akan didapat jumlah stok dan keterangan mutasi. Dalam sebuah bisnis, seorang akuntan bekerja sama dengan bidang logistic dalam pengelolaan stok barang.

Akuntansi adalah bagian penting dari kesuksesan bisnis. 

Anda sudah tahu apa itu akuntansi dan penerapannya dalam bisnis, selain itu tidak dapat dipungkiri kalau Akuntansi adalah salah satu bagian vital dari sebuah bisnis yang berfungsi sebagai pengelola keuangan.

Akuntansi berfungsi sebagai pengontrol keuangan bisnis, memberikan informasi yang sangat berguna dalam pengambilan keputusan perusahaan, dasar alokasi pengelolaan dana, dasar evaluasi sebuah bisnis, hingga informasi penting bagi pihak eksternal seperti investor.

cta apa itu akuntansi

Di era modern saat ini, jangan biarkan tim finance kewalahan dengan tugas-tugas akuntansi dan administrasi berulang, seperti payroll, pencatatan transaksi, atau laporan keuangan. Sebab, semuanya bisa dilakukan secara otomatis, rapi, dan cepat dengan Software Akuntansi Nesto. 

Nesto memiliki fitur-fitur canggih untuk otomasi pembuatan laporan keuangan instan, pencatatan transaksi, payroll, hingga paybill, dan banyak lagi.

Silakan buktikan sendiri dengan daftar FREE TRIAL 3 bulan Nesto, klik di sini.

One thought on “Apa itu Akuntansi? Pengertian, Contoh, dan Manfaat dalam Berbisnis”
  1. menurut saya ketika menyusun laporan keuangan dalam sistem akuntansi itu tidak bisa di lewati langsung ketahap yang paling akhir atau ditengah metode tetapi harus berurutan karena transaksi dalam akuntansi itu harus benar dari awl sampe akhir

Leave a Comment