cara bisnis online

Panduan Lengkap dan Cara Bisnis Online di Era 5.0

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh ketika menguasai cara bisnis online, misalnya Anda bisa bekerja dari rumah, mengatur jam kerja sendiri, serta fokus pada niche sesuai minat. Dan biasanya, terhindar dari modal awal yang cukup besar. 

Terlebih, di era 5.0 seperti sekarang ini, peluang untuk mendukung kesuksesan dengan cara bisnis online semakin besar dengan kecanggihan teknologi dan mekanisme pasar bebas.

Apa itu industri 5.0?

Secara singkat, industri 5.0 adalah suatu tahap industri yang melibatkan kolaborasi antara mesin cerdas dan robot. Misalnya, robot yang membantu manusia bekerja lebih baik dan lebih cepat dengan memanfaatkan teknologi canggih, seperti Internet of Things (IoT) dan Big Data.

Di lingkungan perusahaan manufaktur, robot secara historis melakukan pekerjaan yang berbahaya, monoton, atau menuntut fisik, seperti pengelasan dan pengecatan di pabrik mobil atau bongkar muat bahan berat di gudang. 

Saat mesin di tempat kerja menjadi lebih pintar dan lebih terintegrasi, Industri 5.0 ditujukan untuk menggabungkan kemampuan komputasi kognitif tersebut dengan kecerdasan manusia dan sumber daya dalam kegiatan operasional yang kolaboratif.

Panduan Menguasai Cara Bisnis Online di Era 5.0

Karena penggunaan Industri 5.0 masih dalam tahap awal, produsen harus secara aktif menyusun strategi untuk mengintegrasikan pekerja manusia dan mesin agar mendapatkan manfaat yang optimal.

Berikut panduan yang bisa diikuti untuk menerapkan cara bisnis online di era 5.0:

1. Menentukan ide bisnis

Langkah pertama ini sepertinya terdengar tidak masuk akal, tetapi Anda akan terkejut saat tau betapa seringnya calon wirausahawan langsung melompat jauh saat mengembangkan merek atau web, padahal mereka belum memiliki ide yang kuat.

Berikut adalah beberapa pertimbangan ketika memilih apa yang akan menjadi bisnis online baru Anda, terutama jika hanya beroperasi dari rumah.

Mengapa Anda mau melakukannya?

Ini adalah pertanyaan sederhana untuk ditanyakan pada diri sendiri sebelum mempraktikan berbagai cara bisnis online, dan jawabannya dapat menentukan dengan baik, apakah bisnis Anda akan sukses atau tidak. Setiap bisnis yang baik perlu memiliki misi dan tujuan di baliknya.

Karena itu, harus ada keyakinan bahwa Anda membangun startup dengan niat untuk mempertahankannya. Tentu, butuh strategi lebih lanjut pada prosesnya, tetapi jika tidak diiringi semangat atau motivasi untuk mendorong kemajuan bisnis, itu tidak akan memberikan hasil signifikan dan memuaskan.

Apakah berpedoman pada kekuatan Anda?

Di samping pertanyaan pertama, ada baiknya juga bertanya pada diri sendiri, apakah benar-benar siap untuk menangani ide bisnis tersebut atau tidak. Mengembangkan bisnis seputar hobi, keterampilan, atau pekerjaan sampingan yang Anda ketahui luar dalam memberi tingkat keahlian tertentu untuk dimanfaatkan.

Ini akan sangat membantu saat membangun pengaruh di antara calon pelanggan. Selain itu, dapat pula menciptakan keakraban untuk digunakan kembali jika Anda ingin mempelajari cara mengelola serta mengembangkan bisnis lebih jauh.

Masalah apa yang ingin diselesaikan?

Sekarang hanya karena memiliki keahlian atau hobi tertentu yang disukai, tidak berarti bahwa otomatis akan tersedia pasar untuk itu. Anda perlu memecahkan semacam masalah dunia nyata dan memastikan bahwa ada pelanggan potensial yang sedang mencari solusi.

Jika ada, apakah sudah ada kompetitor yang menyelesaikan masalah itu? Jika demikian, bagaimana harus membedakan bisnis Anda agar bertahan di tengah persaingan?

Lakukan analisis pasar untuk mengonfirmasi bahwa memang ada masalah, serta tersedia ruang untuk bisnis tersebut. Tindakan semacam ini dapat berfungsi sebagai koridor untuk memastikan bahwa Anda tidak membuang waktu secara percuma karena menggeluti konsep bisnis yang tidak realistis.

Bisakah bisnis dilakukan secara online?

Aspek unik dalam memulai usaha adalah menentukan apakah bisnis tersebut bisa tetap berjalan dengan optimal meski hanya dioperasikan secara online. Ada beberapa jenis bisnis yang bisa dilakukan secara online, seperti Software as a Service. Di sisi lain, jualan online atau e-commerce tentunya masih butuh pengiriman dan pengemasan secara fisik. 

2. Melakukan evaluasi dan riset terhadap ide bisnis

Setelah yakin ingin menjalankan ide bisnis Anda, evaluasi dan penelitian kelayakan usaha merupakan salah satu cara bisnis online yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Membuat survey pelanggan.
  • Mengidentifikasi siapa target pelanggan potensial.
  • Menanyakan apakah bisnis Anda ideal di lingkungan/lokasi tersebut.

Dari penelitian dan riset ini Anda bisa memahami kondisi dan gambaran pasar untuk selanjutnya melakukan uji dan implementasi ide bisnis secara bertahap. 

Lihat testimoni

Bagaimana cara mengetahui kepuasan pelanggan Anda? Salah satu metodenya adalah melihat ulasan pengguna atau testimoni. Lihat bagaimana orang merespons, apa yang mereka suka dan tidak suka, serta periksa volume umpan balik secara keseluruhan. Ini dapat memberi gambaran tentang skala pasar aktif.

Siapkan landing page

Tanpa menyiapkan situs web lengkap, Anda dapat menjalankan landing page sederhana untuk menstimulasi bisnis, produk, atau layanan. Berikan ikhtisar cepat mengenai fitur, harga, jendela rilis, dan lain sebagainya.

Jangan lupa, sertakan permintaan pendaftaran berlangganan email untuk mulai membangun email marketing. Cara ini sesederhana menjalankan beberapa media sosial atau iklan pencarian yang menargetkan calon pelanggan untuk mengarahkan mereka ke situs web Anda.

Validasi di sini terserah Anda, apakah ingin mendasarkan minat pada jumlah pengunjung di situs web? Jumlah pendaftaran email? Pengikut media sosial? Apa pun masalahnya, pilih beberapa metrik dan tetapkan pula tujuan untuk mengukur kesuksesan Anda.

Survei calon pelanggan

Seperti disebutkan sebelumnya, salah satu cara paling sederhana untuk memvalidasi bisnis adalah berbicara dengan pelanggan. Namun, jika Anda tidak dapat berinteraksi secara langsung, opsi lain adalah melakukan survei online.

Mirip dengan mengarahkan orang ke situs web Anda, Anda cukup menjalankan beberapa iklan digital yang mempromosikan survei tersebut demi mengumpulkan tanggapan.

Jika sudah menyiapkan landing page dan mulai mengumpulkan daftar email, Anda bahkan dapat mengirimkan survei kepada mereka yang sudah menunjukkan minat atau ketertarikan. Database tersebut mungkin lebih penting, di mana Anda dapat mengajukan pertanyaan relatif spesifik dengan peluang lebih besar untuk menerima umpan balik yang sebenarnya.

3. Memulai rencana bisnis

Setelah menentukan minat potensial dalam bisnis, saatnya untuk mulai mengembangkan rencana Anda.

Untungnya, setelah melalui proses mendefinisikan dan memvalidasi ide, Anda sebenarnya sudah menyusun bagian awal dari rencana tersebut, dan itu merupakan cara bisnis online yang tepat.

Namun sekarang, Anda perlu menempatkannya dalam format yang dapat dipakai untuk mencari pendanaan dan memperkirakan keuangan.

Menentukan target realistis 

Ketimbang menentukan tujuan atau target untuk setahun ke depan, Anda bisa merampingkan target yang lebih realistis dalam seminggu ke depan atau bahkan target harian. Rencana strategis ini bisa lebih cepat dan mudah diterapkan sekaligus membuat Anda lebih fokus dalam mengembangkan strategi bisnis yang lebih efektif.

Lakukan analisis pasar

Anda sebenarnya sudah melewati proses analisis pasar melalui eksplorasi ide bisnis di awal. Akan tetapi, usahakan untuk tetap melakukan analisis kelemahan dan kekuatan bisnis Anda di pasar yang ditargetkan. Serta, mengidentifikasi siapa saja kompetitor potensial Anda. Hal ini penting diperhatikan saat ingin menguasai  cara bisnis online.

Nantinya, analisis pasar ini dapat membantu tim bisnis dalam membuat rancangan sistem distribusi, penetapan harga pokok penjualan, dan menentukan unique value proposition (UVP) dari produk/jasa Anda ketika memasuki pasar. 

Lacak modal awal dan perkembangannya 

Luangkan waktu demi mengidentifikasi modal awal dan pikirkan bagaimana Anda akan melakukan pendanaan. Bahkan jika bisnis online hanya diniatkan sebagai pemasukan sampingan, tetapi coba pikirkan metrik dan penjualan yang harus diawasi demi mengetahui apakah Anda berjalan menuju ke arah yang benar.

Periksa kembali laporan perubahan modal secara teratur dan coba lihat data penjualan yang sebenarnya. Biasanya, laporan perubahan modal ini bisa dipantau dari buku besar. Tetapi, agar lebih mudah gunakan software akuntansi yang lebih sistematis dan mudah dibaca untuk memastikan keuangan bisnis Anda sudah berada di jalur yang benar. 

Untuk mendukung kinerja bisnis online di era 5.0, lengkapi sistem pembukuan usaha dengan Software Akuntansi Online secara otomatis, tanpa harus mencatat di buku besar secara manual, ini menjadi salah satu cara bisnis online tambahan agar keuangan bisnis Anda menjadi sistematis.

cta cara bisnis online

Salah satu yang direkomendasikan adalah Software Akuntansi Nesto sebagai solusi pembukuan modern, sistematis, dan bebas ribet. Lupakan hari-hari di mana tim finance harus menyita waktu dan tenaga untuk mencatat transaksi di buku besar atau spreadsheet. 

Sebab, Software Akuntansi Nesto dapat melakukan integrasi dan menyelesaikan tugas akuntansi bisnis secara otomatis. Termasuk, otomasi pembuatan laporan keuangan dalam hitungan detik.Termasuk laporan arus kas, laporan neraca, laporan perubahan modal, laporan laba rugi, dan banyak lagi. Silakan coba aja dulu keunggulan fitur Nesto, klik tautan ini untuk FREE Trial 3 bulan.

Leave a Comment