cover laporan keuangan toko kelontong excel

Cara Membuat dan Contoh Laporan Keuangan Toko Kelontong versi Excel

Kamu punya usaha toko kelontong, mini market sederhana, atau mungkin toko sembako serba ada? Bisnis toko kelontong adalah salah satu jenis usaha yang diminati masyarakat.

Bukan hanya di perkotaan, sekarang di pelosok desa juga sudah banyak yang membuka usaha toko kelontong untuk meraup penghasilan ekstra, tanpa perlu keluar rumah. 

Namun seringkali, karena dianggap hanya usaha sampingan atau bisnis kecil-kecilan, pengelolaan keuangan toko menjadi diabaikan. Sayangnya, hasil keuntungan atau laba yang diperoleh dari penjualan kerap habis tanpa tahu dipakai untuk apa. 

Oleh sebab itu, dibutuhkan laporan keuangan toko kelontong di aplikasi excel yang sistematis. Memang tidak sedetail laporan keuangan perusahaan skala besar, tapi laporan keuangan yang sederhana akan sangat membantu mencatat pendapatan dan pengeluaran toko. 

Cara Membuat Laporan Keuangan Toko Kelontong Excel

Mari kita ikuti langkah-langkah membuat laporan keuangan toko kelontong excel di bawah ini:

Langkah 1: Buat Dokumen Baru di Excel.

Ada alternatif lain atau perangkat lunak yang bisa dipakai selain membuat laporan keuangan toko kelontong excel, antara lain: Google Spreadsheet, Word, Numbers, Pages, dll. 

Akan tetapi, pada artikel kali ini kita akan membahas yang dibuat di excel. Software Microsoft Excel memungkinkan pengeditan dan pembuatan laporan keuangan yang mudah dibuat jika pencatatan transaksi masih sedikit.

Bila belum memiliki aplikasi excel, kamu bisa mengunduhnya terlebih dulu MS Excel. Setelah itu, buka aplikasi excel untuk membuat dokumen baru. 

Langkah 2: Buat Kolom.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu perlu membuat dokumen baru untuk mulai menyusun laporan keuangan toko kelontong di excel. Antara lain: laporan laba rugi, laporan stok barang, laporan perubahan modal, laporan neraca, laporan arus kas, dan lainnya. 

Buat kolom yang dibutuhkan sesuai dengan laporan yang dibuat. Tentukan judul setiap kolom, kemudian beri keterangan secara lengkap dan mudah dipahami. 

Langkah 3: Format Kolom.

Langkah selanjutnya adalah menata format kolom yang sudah dibuat di workbook excel. Aktifkan format otomatis pada kolomnya dengan mengklik judul atau teks yang akan ditampilkan. 

Kemudian, kamu juga perlu memilih kategori yang sesuai untuk tiap kolom. Contohnya seperti: format mata uang atau format tanggal. 

Langkah 4: Catat Data Laba Rugi.

Langkah selanjutnya untuk membuat laporan keuangan toko kelontong di excel, yaitu kamu perlu menyiapkan workbook dan menyimpan semua data yang sudah dibuat. 

Setelah kamu mencatat semua data yang diperlukan, kamu perlu mengurutkan data dengan fitur filter atau sorting. Kemudian, masukkan data tersebut ke dalam kolom yang sesuai. Data umum yang bisa disertakan di antaranya tanggal, jumlah keuntungan, kerugian, dan detail transaksi lainnya.

Langkah 5: Koreksi Work Book.

Sebelum dicetak atau disimpan, periksa ulang workbook yang sudah selesai dibuat. Periksa kembali untuk mengoreksi jika ada kesalahan hitung, kesalahan ketik, kesalahan ejaan, atau ada angka yang hilang. 

Lakukan perubahan sesuai kebutuhan. Selanjutnya, jika dirasa semua data yang diinput sudah benar, simpan ke dalam folder yang terorganisir. Bila perlu, simpan ke email, google drive, atau flashdisk untuk cadangan data dan arsip. 

Contoh Laporan Keuangan Toko Kelontong Excel 

Berikut adalah beberapa contoh laporan keuangan toko kelontong excel.

1. Pencatatan arus kas masuk

arus kas masuk

2. Pencatatan arus kas keluar

arus kas keluar

3. Pencatatan transaksi di buku arus kas keluar dan masuk

buku arus kas

4. Contoh pencatatan inventaris barang

pencatatan inventaris barang

5. Contoh pencatatan buku stok barang

buku stok barang

6. Contoh pencatatan laporan keuangan laba rugi

laporan keuangan laba rugi

Contoh Pencatatan Keuangan Toko Kelontong Excel

Pada dasarnya, laporan keuangan toko kelontong excel dibuat untuk mencatat dan mendokumentasikan segala transaksi penjualan yang terjadi. Sehingga, lebih mudah untuk menganalisis kondisi keuangan toko. 

Jadi, kamu bisa membuat laporan keuangan yang mudah dipahami dan dibuat di Excel, sesuai kebutuhan masing-masing toko kelontong. 

Berikut contoh pencatatan keuangan toko kelontong excel, yang dibuat secara manual dan sederhana.

contoh ms excel aplikasi toko kelontong

Mengapa Laporan Keuangan Penting Bagi Toko Kelontong?

Laporan keuangan meliputi semua hasil kegiatan operasional toko kelontong. Termasuk, posisi keuangan dan arus kas saat ini. 

Laporan keuangan menjadi penting, sebab: 

  • Dapat dijadikan dokumentasi untuk berbagai aktivitas keuangan toko. 
  • Meringkas informasi pembukuan keuangan yang penting. 
  • Memberikan data dan gambaran akurat tentang kondisi keuangan bagi pemilik usaha, investor, atau bank pemberi pinjaman modal. 

Bagi toko kelontong, laporan keuangan bertujuan untuk menunjukkan apakah usaha yang dijalankan sudah menghasilkan laba atau belum.

cta laporan keuangan toko kelontong excel

Pencatatan laporan keuangan yang rapi dan terorganisir dengan bantuan software akuntansi online akan membuat pemilik usaha lebih fokus mengembangkan usaha, ketimbang hanya mengetik laporan keuangan di excel yang tentunya menyita waktu. 

Pakai Nesto Accounting Software yang sudah teruji dan terbukti kecanggihannya oleh ribuan klien di tanah air. Silakan uji coba GRATIS selama 3 bulan Nesto untuk mengetahui seberapa efektif fiturnya bagi bisnismu.

Butuh bantuan atau ada pertanyaan lebih lanjut, kontak email: support@nesto.id dan Whatsapp: +62 851-5608-2477.

Leave a Comment