Contoh Laporan Keuangan Organisasi Nirlaba

Contoh Laporan Keuangan Organisasi Nirlaba (Gratis Template!)

Jika kamu menjalankan organisasi nirlaba atau organisasi nonprofit, maka tanggung jawab pada akuntansimu akan berbeda dengan bisnis yang berorientasi pada keuntungan. Organisasi nirlaba biasanya menangani laporan keuangan, pembayaran pajak, dan pencatatan yang berbeda dari bisnis lainnya.

Organisasi nirlaba akan mendapatkan pemasukan dana dari sumbangan donatur dan tidak berharap pada keuntungan yang besar. Biasanya, dana tersebut didapatkan dari jasa yang telah organisasi nirlaba berikan, misalnya memberikan training pada target yang dituju.

Pada dasarnya, aktivitas organisasi nonprofit tak jauh beda dengan organisasi bisnis. Keduanya, sama-sama memiliki tanggung jawab terhadap manajemen keuangan organisasi. Maka dari itu, perusahaan perlu membuat laporan keuangan sesuai standar yang umum digunakan dalam bisnis nirlaba. 

Jenis Laporan Keuangan Organisasi Nirlaba

Berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 45, laporan keuangan organisasi nirlaba terdiri dari laporan aktivitas, laporan posisi keuangan pada akhir periode, catatan laporan keuangan dan laporan arus kas.

Laporan Aktivitas

Laporan aktivitas dalam organisasi nirlaba berguna dalam menyediakan berbagai informasi. Termasuk, memengaruhi transaksi dan kejadian lain yang dapat mengubah sifat dan jumlah aktiva bersih. 

Selain itu, laporan aktivitas juga mencatat tentang hubungan antar transaksi dan bagaimana penggunaan sumber daya saat melaksanakan berbagai jasa atau program. 

Informasi yang terdapat dalam laporan aktivitas dibutuhkan oleh beberapa pihak, yaitu:

  • Kreditur
  • Anggota organisasi
  • Donatur
  • Pihak lain

Informasi ini akan digunakan untuk:

  • Menilai kinerja dan tanggung jawab seorang manajer
  • Evaluasi kinerja dalam suatu periode
  • Menilai kemampuan, upaya, dan kesinambungan organisasi dalam memberi jasa

Laporan Posisi Keuangan

Informasi tentang kewajiban, aktiva, serta informasi hubungan antara unsur tersebut pada waktu tertentu tercakup dalam laporan posisi keuangan. Informasi ini akan digunakan bersama dalam analisis laporan keuangan dengan tujuan untuk membantu donatur, kreditur, anggota organisasi dan pihak lain dalam menilai dan mengevaluasi kemampuan organisasi dalam memberikan pelayanan jasa.

Laporan ini juga memberikan informasi yang relevan lainnya, seperti fleksibilitas keuangan, likuiditas, kebutuhan pendanaan eksternal, dan kemampuan memenuhi kewajiban. Laporan posisi keuangan juga mencakup semua kewajiban, aktiva dan aktiva bersih.

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas menjadi tempat informasi kas dalam satu periode. Laporan arus kas organisasi nirlaba dibagi menjadi dua, sesuai dengan PSAK 2, antara lain:

  1. Pengungkapan informasi.

Dengan adanya laporan arus kas, kamu bisa memberi informasi tentang aktivitas investasi atau pendanaan nonkas, misalnya sumbangan, baik berupa aktiva investasi atau bangunan.

  1. Aktivitas pemakaian dana.

Dalam laporan arus kas, seluruh aktivitas darimana dan ke mana perginya uang organisasi nirlaba akan dicantumkan secara terperinci. Termasuk, pemakaian uang kas untuk renovasi gedung panti, penambahan wastafel, fasilitas dapur umum, dll. Dalam hal penerimaan kas, juga dicantumkan apakah uang kas yang masuk dari investor, donatur, bunga bank, wakaf, hibah, dll. 

Contoh laporan keuangan organisasi nirlaba

Laporan aliran kas

Seperti yang dijelaskan, laporan arus kas itu penting dalam memberikan informasi mengenai arus keuangan organisasi. Untuk itu Kamu bisa menggunakan template laporan aliran kas untuk analisis arus kas selama setahun terakhir. Pada template ini juga terdapat format bersyarat, grafik kecil dengan desain yang minimalis yang memudahkan kamu menyusun laporan aliran kas.

Kamu bisa mendapatkan template laporan aliran kas secara instan seperti yang di bawah ini:

Ambil contoh laporan keuangan organisasi nirlaba di sini. (Laporan aliran kas)

Laporan anggaran bulanan pribadi

Organisasi nirlaba yang baik adalah organisasi yang menyusun laporan keuangan dengan tepat. Salah satunya laporan anggaran bulanan pribadi yang mencakup data pendapatan bulanan aktual dan pengeluaran aktual. Ini akan membantu kamu dalam mengevaluasi pendapatan organisasi nirlaba pada setiap bulannya.

Dapatkan template di bawah ini:

Ambil contoh laporan keuangan organisasi nirlaba di sini. (Laporan anggaran bulanan pribadi)

Laporan keuntungan

Meskipun organisasi nirlaba tidak terpacu pada keuntungan yang besar, organisasi nirlaba juga membutuhkan laporan keuntungan untuk mengelola profit dari bisnis yang dijalankan. Untuk memudahkan menyusun laporan, langsung download template laporan keuntungan di bawah ini:

Ambil contoh laporan keuangan organisasi nirlaba di sini. (Laporan keuntungan)

Laporan anggaran

Membuat perencanaan anggaran laporan keuangan adalah salah satu cara untuk melihat perkiraan dana masuk dan dana keluar dalam proses bisnis. Laporan anggaran juga memudahkan dalam evaluasi akhir tahun tentang seberapa besar pengeluaran yang telah dikeluarkan dan seberapa besar pemasukan yang masuk.

Ambil contoh laporan keuangan organisasi nirlaba di sini. (Laporan anggaran)

Laporan anggaran perjalanan bisnis

Mungkin kamu berpikir dalam perjalanan bisnis tidak perlu dibuatkan laporan. Itu salah besar ya, seberapa jauh maupun dekat perjalanan bisnis, masih tetap memerlukan laporan anggaran keuangan guna memperkirakan seberapa besar dana yang dibutuhkan untuk suatu perjalanan bisnis.

Ambil contoh laporan keuangan organisasi nirlaba di sini. (Laporan anggaran perjalanan bisnis)

Laporan rencana keuangan 5 tahun

Tentunya semua organisasi atau perusahaan ingin proses bisnisnya berkembang dan berjalan dengan baik. Ada baiknya jika kamu mulai membuat rencana laporan keuangan 5 tahun ke depan. Hal ini agar kamu bisa mempersiapkan seberapa besar total semua dana yang dibutuhkan. 

Laporan ini juga akan membuat kamu lebih paham perkembangan harga produk atau jasa yang kamu jalani setiap tahunnya. Apakah organisasi menghasilkan perubahan yang signifikan atau malah berkurang? Semuanya bisa mulai direncanakan melalui laporan rencana keuangan 5 tahun lewat template di bawah ini:

Ambil contoh laporan keuangan organisasi nirlaba di sini. (Laporan rencana keuangan 5 tahun)

Laporan tagihan

Jangan lupakan laporan yang satu ini ya, laporan tagihan akan membantu kamu dalam menagih pelanggan agar segera melakukan pembayaran. Ini terlihat mudah namun nyatanya ini menjadi salah satu laporan yang penting untuk dibuat agar mencegah kelalaian pembayaran dan menghambat proses bisnis. 

Ambil contoh laporan keuangan organisasi nirlaba di sini. (Laporan Tagihan)

Begitulah pembahasan mengenai jenis dan contoh laporan keuangan organisasi nirlaba. Dengan informasi di atas, kamu bisa membuat beberapa laporan yang dibutuhkan untuk organisasi. Ini akan memakan waktu tapi kamu bisa atasi pembukuan lebih mudah dengan Nesto yang dilengkapi berbagai fitur akuntansi.

CTA Contoh Laporan Keuangan Organisasi Nirlaba

Nesto merupakan aplikasi akuntansi online yang berbasis cloud sehingga kamu bisa mudah mengaksesnya di mana saja.

Beberapa fitur akuntansi yang ada di Nesto akan membantu kamu dalam proses pembukuan, perpajakan, inventory hingga bisnis UMKM dan operasional perusahaan dengan lebih otomatis dan cepat. 

Lupakan hari-hari pencatatan transaksi manual yang menyita waktu karena Nesto dapat menangani tugas accounting secara modern, cepat, dan mudah diintegrasikan.Analisis dan laporan bisnis yang dibutuhkan juga tersedia di Nesto lengkap dengan tampilan dashboard yang simpel dan mudah dipahami. Buruan gabung dan daftar FREE Trial sekarang di Nesto untuk uji coba gratis selama 3 bulan!

Leave a Comment