contoh laporan keuangan perusahaan dagang

Contoh laporan keuangan perusahaan dagang (Gratis Template!)

Laporan keuangan merupakan salah satu laporan terpenting dalam sebuah bisnis yang berguna dalam menyajikan kinerja dan posisi keuangan perusahaan dalam satu periode. Setiap jenis bisnis atau perusahaan memiliki pengelolaan dan pembuatan laporan yang berbeda. 

Begitu juga dengan sebuah perusahaan dagang, di mana akuntansi selain digunakan sebagai laporan keuangan, juga digunakan sebagai sistem komunikasi dan informasi. 

Fungsi Laporan Keuangan pada Perusahaan Dagang

Laporan keuangan merupakan cerminan dari kapasitas kerja suatu perusahaan. Laporan keuangan tersebut digunakan sebagai informasi oleh beberapa pihak, seperti manajemen perusahaan, investor bank, pemerintah, pejabat, konsumen, hingga masa umum yang terlibat dalam laporan keuangan. 

Selain itu, terdapat beberapa fungsi laporan keuangan pada perusahaan dagang, di antaranya:

  • Dasar prinsip pendapatan
  • Dasar pembayaran dividen
  • Dasar pemberian pinjaman
  • Dasar pengendalian biaya
  • Dasar prinsip perpajakan
  • Prinsip penentuan dividen
  • Informasi kepada calon investor
  • Penentuan nilai investasi
  • Control pengawasan pemerintah

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Laporan Laba Rugi

Contoh laporan keuangan perusahaan dagang yang pertama adalah laporan laba rugi atau juga dikenal sebagai laporan P&L, laporan operasi dan profit loss statement. Laporan laba rugi merupakan salah satu laporan keuangan penting dalam perusahaan dagang. 

Laporan ini berisi mengenai pengeluaran perusahaan, pendapatan perusahaan, keuntungan, kerugian, hingga pendapatan bersih perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

Dalam menyusun laporan laba rugi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Bentuk laporan laba rugi
  • Pemahaman dan konsep tiap elemen dalam laporan
  • Paham mengenai analisis kegiatan transaksi keuangan

Dalam laporan laba rugi perusahaan dagang, terdapat beberapa item yang harus dicantumkan:

  • Beban (Expenses), beban terdiri dari beban SG&A, harga pokok penjualan dan beban bunga
  • Pendapatan (Revenues), adalah jumlah pendapatan yang didapat dari penjualan barang
  • Pendapatan bersih (Net Income), adalah jumlah pendapatan yang diperoleh setelah dikurangi biaya pengeluaran dan kerugian perusahaan
  • Keuntungan dan kerugian (Gains and losses), meliputi penjualan aset tidak lancar dengan jumlah yang berbeda dengan nilai buku

Kamu bisa melihat contoh laporan keuangan perusahaan dagang (laporan laba rugi) secara instan dengan template di bawah ini.

Link download.

Laporan Arus Kas

Contoh laporan keuangan perusahaan dagang yang kedua adalah laporan arus kas, ini juga merupakan laporan keuangan utama dalam perusahaan yang dilaporkan dalam waktu tertentu (bulan, kuartal, tahun).

Laporan arus kas adalah laporan yang menunjukkan uang masuk dan keluar dari perusahaan dan menghubungkan antara laporan laba rugi dan neraca.

Dalam laporan arus kas juga terdapat beberapa bagian penting, di antaranya:

  • Operasi, meliputi semua aktivitas yang menghasilkan pendapatan utama dan aktivitas lainnya yang tidak termasuk dalam pendapatan dari investasi dan pendanaan. Aktivitas operasi meliputi semua arus kas dari kewajiban lancar dan aset lancar.
  • Investasi, mencakup arus kas penjualan aset jangka panjang dan akuisisi aset serta investasi lain yang tidak masuk dalam setara kas.
  • Pendanaan, meliputi semua arus kas yang membuat perubahan modal ekuitas atau pinjaman entitas seperti saham, obligasi, dan dividen.

Dalam menyusun laporan arus kas, terdapat dua metode yang bisa kamu pakai. Berikut adalah metode dalam menyusun laporan arus kas.

  • Laporan arus kas metode langsung (direct method), yaitu metode menyusun laporan arus kas dengan langsung menghitung arus kas aktivitas operasi yang diambil dari catatan pengeluaran dan pendapatan. 
  • Laporan arus kas metode tidak langsung (indirect method), yaitu metode menyusun laporan arus kas dengan cara menghitung arus kas operasional dari laporan laba rugi yang disesuaikan dengan amortisasi dan biaya penyusutan.

Kamu bisa melihat contoh laporan keuangan perusahaan dagang (laporan arus kas) secara instan dengan template di bawah ini.

Link download.

Neraca

Neraca berfungsi untuk menganalisis dan mengevaluasi posisi keuangan perusahaan kamu secara menyeluruh. Neraca juga berfungsi untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar kebutuhan operasional.

Neraca biasanya memiliki rincian dari tahun sebelumnya, sehingga kamu bisa membandingkan kemampuan perusahaan saat ini dengan tahun sebelumnya. Data perbandingan ini dapat kamu gunakan untuk melacak kinerja perusahaan dan bagaimana cara meningkatkan perusahaanmu. 

Terdapat hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam menyusun neraca, yaitu:

  • Aset, aset meliputi aset berwujud dan yang tak berwujud. Aset berwujud terdiri dari aset berbentuk uang tunai atau aset yang dapat diubah menjadi uang tunai (aset liquid), dan aset non-likuid yaitu aset yang tidak dapat cepat diubah menjadi uang tunai, seperti bangunan dan tanah. Aset tak berwujud meliputi hak cipta, hak paten, dan perjanjian waralaba.
  • Kewajiban, atau liabilitas terdiri dari kewajiban lancar dan kewajiban jangka panjang. Kewajiban lancar adalah kewajiban perusahaan dengan waktu jatuh tempo di bawah satu tahun, seperti gaji, pajak, bunga, dan lain-lain. Sedangkan kewajiban jangka panjang adalah kewajiban yang jatuh temponya setelah satu tahun, seperti bunga obligasi, hutang jangka panjang, pajak, dan dana pensiun.
  • Ekuitas, adalah modal yang tersisa setelah dikurangi kewajiban, laba ditahan adalah laba yang tidak dibayar kepada pemilik modal dalam bentuk dividen.

Kamu bisa melihat contoh laporan keuangan perusahaan dagang (neraca) secara instan dengan template di bawah ini.

Link download.

Laporan Utang

Laporan hutang adalah laporan yang terdiri dari hutang perusahaan kepada perusahaan penyedia barang dan jasa yang dibayar secara kredit. Kamu bisa membuat buku besar dengan judul piutang untuk merekap semua hutang perusahaan. Hutang ini akan dilaporkan sebagai bagian aset lancar yang nantinya akan dimasukkan ke dalam neraca perusahaan. 

Dalam membuat laporan hutang, kamu bisa menampilkan nama supplier, kode supplier, pembelian, potongan pembelian, saldo awal utang, retur pembelian, pembayaran utang, saldo akhir utang, hingga PPN masukan.

Berikut kami lampirkan template contoh laporan keuangan perusahaan dagang (laporan utang).

Link download.

Laporan Stok Barang

Laporan stok barang adalah laporan yang berisi jumlah barang di gudang yang dilakukan secara berkala. Dalam menyusun laporan stok barang, kamu bisa memuat beberapa variabel, seperti daftar barang, SKU, hingga jumlah barang di gudang. 

Selain jumlah barang yang ada di gudang, laporan stok barang juga dapat digunakan untuk melihat penjualan per barang sehingga dapat digunakan untuk melihat data barang terlaris maupun yang slow moving.

Berikut kami lampirkan contoh laporan keuangan perusahaan dagang (laporan stok barang).

Link download.

Di atas merupakan contoh laporan keuangan perusahaan dagang yang juga disertakan template yang bisa kamu download secara gratis.

Jika kamu mempunyai rencana untuk membuka sebuah bisnis, laporan keuangan tersebut merupakan komponen penting yang bisa kamu gunakan dalam mengelola keuangan bisnis kamu.

cta contoh laporan keuangan perusahaan dagang

Nah, agar semakin mudah dan akurat dalam membuat laporan keuangan, pastikan untuk meningkatkan sistem pembukuan bisnis dengan software akuntansi Nesto.

Nesto adalah platform pembukuan bisnis yang sudah diakui ribuan mitra bisnis di tanah air. Fitur-fitur Nesto yang lengkap, mampu menyederhanakan tugas pembukuan secara real time berbasis teknologi cloud.

Penasaran seberapa efektif Nesto bagi bisnismu? Coba aja dulu, yuk, daftar di sini untuk FREE Trial 3 bulan.

Leave a Comment