contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Kontraktor (Gratis Template!)

Laporan keuangan memang penting dalam mengelola perkembangan sebuah bisnis. Begitu juga dengan perusahaan kontraktor, di mana laporan keuangan digunakan sebagai acuan kesuksesan sebuah proyek yang dilakukan perusahaan tersebut. 

Perusahaan kontraktor adalah perusahaan yang ditunjuk oleh perusahaan lain untuk menyelesaikan pekerjaan pembangunan atau pengadaan barang tertentu berdasarkan kontrak yang telah disepakati. 

Dalam menjalankan sebuah proyek, biasanya sebuah perusahaan kontraktor tidak menyelesaikan pekerjaanya sendiri, melainkan bekerja sama dengan perusahaan lain untuk memenuhi semua kebutuhan pembangunan. 

Jenis Perusahaan Kontraktor

Menurut Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) perusahaan kontraktor terbagi dalam beberapa jenis di antaranya adalah:

  • Arsitektur
  • Elektrikal
  • Mekanikal
  • Pekerjaan terintegrasi
  • Sipil
  • Tata lingkungan

Dari setiap bidang di atas, masih terbagi ke dalam sub bidang lagi, sehingga proyek yang dijalankan dapat selesai sesuai dengan jadwal yang disepakati dalam kontrak, sehingga laporan keuangan yang dibuat juga dapat dilakukan tepat waktu. 

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Kontraktor

Jika kamu bekerja sebagai seorang akuntan di perusahaan kontraktor, terdapat beberapa jenis laporan keuangan perusahaan kontraktor. Dan berikut adalah contoh laporan perusahaan kontraktor.

1. Laporan Posisi Keuangan

Contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor yang pertama adalah laporan posisi keuangan. Laporan posisi keuangan atau juga disebut Statements of Financial Position adalah laporan yang mencakup posisi modal, aset, hingga kewajiban perusahaan dan biasanya dibuat pada akhir periode. 

Pada laporan posisi keuangan harus mencantumkan aset, piutang retensi, kas, piutang usaha, dan tagihan bruto pemberi kerja. Selain itu, kamu juga bisa memasukkan item penting seperti uang muka, pajak, persediaan, piutang, dan lain sebagainya jika diperlukan.

Dan berikut masing-masing penjelasan mengenai item pada laporan posisi keuangan.

  • Kas, jumlah uang tunai yang dimiliki perusahaan kontraktor yang meliputi kas site proyek dan kas kecil.
  • Bank, yaitu jumlah saldo yang ada di bank.
  • Piutang usaha, merupakan saldo piutang sementara yang berkaitan dengan aktivitas operasional.
  • Persediaan, jumlah persediaan barang, seperti stok bahan baku.
  • Akumulasi penyusutan aset tetap.
  • Aktiva tetap.
  • Modal disetor, jumlah modal untuk menjalankan kegiatan operasional.
  • Biaya DP, seperti PPN.
  • Saldo laba tahunan berjalan dan saldo laba ditahan.

2. Laporan Laba Rugi

Contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor yang kedua adalah laporan laba rugi atau juga disebut Statements of Profit or Loss. Laporan laba rugi adalah laporan yang berisi laba dan rugi perusahaan kontraktor dalam satu periode. 

Laporan laba rugi harus ditulis secara jelas sehingga mendapatkan hasil yang akurat. Laporan laba rugi memiliki beberapa elemen yang harus dicantumkan. 

Dan berikut adalah beberapa elemen yang perlu dicantumkan dalam laporan laba rugi.

  • Pendapatan bersih, merupakan hasil penjualan bersih dalam periode tertentu.
  • Beban pokok penjualan, biasanya terdiri dari beban proyek, beban upah tenaga kerja harian, dan material proyek.
  • Beban umum dan administrasi, meliputi biaya kantor, BBM, gaji, parkir, tol, BPJS, penyusutan aktiva tetap, dll.
  • Beban penjualan, meliputi biaya promosi, iklan, ekspedisi, dll.

Selain elemen di atas, terdapat beberapa elemen yang bisa dicantumkan dalam laporan laba rugi, seperti selisih kurs, pendanaan, pendapatan bunga, beban usaha, penghasilan final, serta penurunan nilai instrumen keuangan.

3. Laporan Perubahan Modal

Contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor yang ketiga adalah laporan perubahan modal atau juga disebut Statement of Changes in Equity.

Laporan perubahan modal berisi perubahan ekuitas yang terjadi dalam perusahaan pada akhir periode. 

4. Laporan Arus Kas

Contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor yang keempat adalah laporan arus kas atau juga disebut Statements of Cash Flow. Laporan arus kas berisi arus kas dalam aktivitas operasional perusahaan, laporan arus kas juga berisi mengenai pendanaan dan investasi dalam perusahaan.

Laporan arus kas memiliki beberapa elemen, seperti penerimaan kas dari pelanggan, penerimaan bunga, pembayaran kepada direksi dan karyawan, pembayaran kepada pemasok, hingga kas bersih yang didapatkan perusahaan.

5. Catatan Atas Laporan Keuangan

Contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor yang kelima adalah catatan atas laporan keuangan atau juga disebut Notes to the Financial Statements. Catatan atas laporan keuangan berisi mengenai rincian kondisi keuangan perusahaan kontraktor.

Terdapat beberapa elemen pada catatan atas laporan keuangan, yaitu legalitas, jenis usaha, alamat, waktu berdiri perusahaan, dan manajemen perusahaan.

Poin Penting dalam Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Kontraktor

Sebenarnya untuk membuat laporan keuangan perusahaan kontraktor tidaklah terlalu sulit, kamu hanya perlu mengetahui hal apa saja yang perlu dimasukkan dalam laporan. Buat laporan sesuai data real yang ada di lapangan sehingga akan lebih mudah dalam membuatnya.

Berikut adalah beberapa poin penting dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan kontraktor:

  • Kategori produk. Penulisan kategori produk dalam perusahaan kontraktor keuangan bisa menyesuaikan jenis proyek yang sedang dikerjakan. Sebagai contoh, kontraktor arsitektur bisa menuliskan kategori teknologi dan bahan. Segala kategori dalam pengerjaan proyek sebaiknya ditulis secara rinci agar tidak ada kesalahpahaman.
  • Waktu aktivitas perusahaan. Semua aktivitas proses masuk dan keluarnya keuangan mencantumkan tanggal, bulan, dan tahun secara rinci dan sesuai kenyataan. Penulisan waktu aktivitas perusahaan juga akan membantu pengelolaan kategori produk sehingga menghasilkan catatan yang jelas.
  • Pemasukan dan pengeluaran. Salah satu kunci dari laporan keuangan perusahaan kontraktor adalah pemasukan dan pengeluaran. Kamu bisa memisahkan tabel antara pemasukan dan pengeluaran agar lebih mudah dalam pengelolaan laba dan rugi yang nantinya digunakan untuk penghitungan ke tahap selanjutnya. 
  • Laba dan rugi. Biasanya informasi yang pertama dibaca oleh penerima laporan keuangan adalah laporan laba dan rugi yang akan menunjukkan seberapa kuat keuangan perusahan.

Selain poin-poin di atas, dalam menyusun sebuah laporan keuangan, dibutuhkan langkah-langkah yang harus dijalankan.

Berikut adalah beberapa tahapan dalam menyusun laporan keuangan. 

  • Menyusun neraca saldo, menyusun saldo debit dan kredit perusahaan dalam periode tertentu.
  • Membuat jurnal penyesuaian dari neraca, jurnal mengalokasikan seluruh pengeluaran dan pendapatan pada periode waktu yang terbagi secara jelas.
  • Membuat worksheet (neraca lajur), merupakan lembar kerja yang memudahkan ke tahap selanjutnya.
  • Membuat laporan keuangan, berisi berbagai laporan keuangan yang sudah dijelaskan di atas, seperti laporan arus kas, laporan laba rugi, dan lain sebagainya.
  • Menyesuaikan buku besar.
  • Menutup rekening.
  • Menyusun neraca saldo penutupan, digunakan untuk mengetahui keseimbangan antara debit dan kredit.

Hampir setiap bulan atau minimal 3 bulan sekali, perusahaan perlu membuat laporan keuangan. Jangan biarkan tim finance terbebani dengan tugas administratif berulang yang seharusnya bisa dikerjakan secara otomatis. 

Berikut kami sertakan contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor untuk memudahkanmu dalam membuat laporan keuangan. Kamu bisa melihat susunan, format, serta gaya penulisan dan menyesuaikan dengan kebutuhan laporan perusahaan bisnis kontraktor.

Link Download Template

cta contoh laporan keuangan perusahaan kontraktor

Nesto Accounting Software hadir untuk membantu menangani tugas pembukuan secara modern, real time, dan akurat. Tak perlu mencatat transaksi manual atau bahkan mengetik laporan keuangan di spreadsheet. 

Karena, dengan Software Akuntansi Nesto, laporan keuangan bisa dibuat secara otomatis, semudah sekali sentuhan jari melalui smartphone atau desktop, meliputi otomasi laporan neraca, laporan perubahan modal, laporan arus kas, dan lainnya.

Yuk, buktikan apakah Nesto Accounting Software pilihan terbaik untuk bisnismu dengan daftar FREE Trial 3 bulan, klik di sini.

Leave a Comment