contoh laporan keuangan rumah makan

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Rumah Makan

Perusahaan rumah makan adalah salah satu jenis perusahaan yang cukup banyak diminati. Untuk mendapatkan kesuksesan, tentunya semua bisnis harus memiliki laporan keuangan yang jelas dan benar, ini akan memberikan kemudahan dalam membaca laporan keuangan tersebut.

Lalu bagaimana cara membuat laporan keuangan perusahaan rumah makan? Berikut ini adalah contoh laporan keuangan rumah makan dalam yang dapat kamu download.

Laporan keuangan merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh perusahaan. Bisa dibilang kalau laporan keuangan ini digunakan sebagai acuan terhadap sukses tidaknya suatu proyek yang telah dilakukan.

Seperti yang disebutkan di atas, laporan keuangan harus dilaporkan dengan jelas dan tepat, ada beberapa poin yang harus dilampirkan dalam laporan, hal ini bertujuan agar pembaca laporan dapat mudah menangkap laporan tanpa adanya salah paham dari makna dalam laporan tersebut. 

Pembahasan kali ini menjelaskan tentang cara membuat atau contoh laporan keuangan rumah makan yang mudah dipahami secara lengkap. Dari sini nantinya kamu bisa mengetahui letak perbedaan laporan keuangan perusahaan rumah makan dengan jenis perusahaan lainnya.

Jenis Laporan Keuangan Perusahaan Rumah Makan

Sebelum kamu melihat contoh laporan keuangan rumah makan, pahami dulu jenis-jenis laporannya.

1. Laporan Laba Rugi

Tahukah kamu apa itu laporan laba rugi dalam suatu perusahaan? Laporan jenis ini disebut Statements of Profit or Loss yang melaporkan laba dan rugi perusahaan dalam suatu periode tertentu.

Laporan ini memiliki beberapa elemen yang wajib dituliskan di dalamnya. Hal ini berguna untuk perusahaan rumah makan untuk mendapatkan perhitungan laba rugi dengan hasil yang akurat.

Beberapa elemen yang wajib ada di laporan ini antara lain:

  • Pendapatan bersih: Hasil dari penjualan bersih selama periode tertentu
  • Beban penjualan yang terdiri dari promosi, iklan, ekspedisi dan lainnya
  • Beban pokok penjualan yang terdiri dari bahan baku makanan dan minuman dan alat kebersihan

Dalam laporan laba rugi, kamu harus menyertakan laporan tertulis tentang beban usaha, selisih kurs, pendapatan bunga, pendanaan, beban pajak penghasilan final, dan pemulihan penurunan nilai instrumen keuangan. Pada artikel ini, kamu akan mempelajari langsung melalui contoh laporan keuangan rumah makan yang telah dilampirkan.

2. Laporan Posisi Keuangan

Jenis laporan keuangan perusahaan rumah makan yang kedua yakni laporan posisi keuangan atau yang sering disebut dengan Statement of Financial Position.

Laporan ini adalah jenis laporan yang di dalamnya menjelaskan tentang posisi asset, kewajiban perusahaan, dan modal. Biasanya perusahaan akan membuat laporan ini pada akhir periode.

Dalam laporan posisi keuangan, kamu diwajibkan untuk melaporkan piutang usaha, kas, aset, dan piutang resensi. Kamu juga dapat menambahkan informasi, seperti uang muka, persediaan, piutang, pajak dan lainnya.

3. Laporan Arus Kas

Statement of cash flows atau laporan arus kas merupakan jenis laporan keuangan yang menginformasikan keluar masuknya uang dalam aktivitas operasi suatu perusahaan. Laporan ini juga menyertakan informasi mengenai pendanaan dan investasi di perusahaan.

Laporan arus kas perusahaan rumah makan ini membutuhkan rincian yang luas. Kamu perlu melaporkan penerimaan kas dari konsumen, pembayaran ke direksi dan karyawan, penerimaan bunga, pembayaran ke pemasok, hingga kas bersih yang diperoleh perusahaan.

4. Catatan atas Laporan Keuangan

Laporan keuangan ini dikenal sebagai Notes to the Financial Statement yang berisi rincian kondisi suatu perusahaan. Beberapa poin perlu dituliskan dalam laporan ini, yakni alamat, legalitas, jenis usaha, waktu berdiri perusahaan dan manajemen perusahaan.

5. Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan ekuitas memiliki sebutan lain Statement of Changes in Equity. Laporan ini berisi perubahan ekuitas yang terjadi pada suatu perusahaan dalam periode akhir.

Cara Membuat dan Contoh Laporan Keuangan Rumah Makan

Tahukah kamu jika contoh laporan keuangan rumah makan itu mudah untuk dibuat? Kamu perlu mengetahui hal apa saja yang ada di dalam laporan tersebut. Usahakan untuk membuat laporan berdasarkan fakta yang ada. Jangan sampai menuliskan data palsu atau yang tidak jelas.

Ketika menulis laporan keuangan perusahaan rumah makan, aplikasi Microsoft Excel banyak digunakan, semua perhitungan bisa dilaporkan dengan aplikasi ini.

Berikut beberapa poin penting yang harus ada di laporan keuangan perusahaan rumah makan:

1. Tuliskan kategori produk

Poin pertama ketika membuat laporan keuangan perusahaan rumah makan adalah menuliskan kategori produk. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan rumah makan. Seperti yang kita ketahui kategori produk dalam perusahaan rumah makan itu sangatlah banyak. Beberapa kategori seperti makanan pembuka, hidangan utama, desserts, dan lainnya.

Semua kategori ini juga perlu dituliskan serinci mungkin apalagi jika menyangkut bahan makanan dan minuman. Hal ini bertujuan agar tidak kesalahpahaman dalam pemahaman pengeluaran yang dibutuhkan.

2. Tuliskan waktu aktivitas perusahaan

Tuliskan waktu aktivitas perusahaan rumah makan kamu pada excel agar data tersusun dengan rapi. Kamu bisa melaporkan proses keluar masuknya aktivitas perusahaan, seperti tanggal bulan dan tahun.

Hal ini memperjelas kategori produk dalam proses keluar masuk dengan catatan waktu yang jelas. Kalau catatan tertulis secara rapi, jelas, dan mudah dibaca maka data akan lebih mudah dianalisis dan diperiksa. 

3. Tuliskan catatan pengeluaran dan pemasukan

Jangan lupakan untuk memasukkan catatan pemasukan dan pengeluaran dengan jelas. Pisahkan tabel pengeluaran dan pemasukan. Ini bertujuan untuk memudahkan kamu dalam menghitung laba dan rugi untuk tahapan selanjutnya. 

Masukkan data pengeluaran dan pemasukan ke dalam excel dengan tampilan yang rapi dan mudah dipahami.

4. Tuliskan perhitungan laba rugi

Biasanya pembaca ketika membaca laporan akan fokus pada poin laba dan rugi terlebih dahulu. Kamu harus benar-benar memperhitungkan laba rugi perusahaan rumah makan dengan benar dan jelas untuk mendapatkan data kategori yang lengkap pula.

Kamu juga perlu memahami bagaimana cara menghitung laba rugi dengan benar agar kamu bisa mengetahui apakah perusahaanmu membawa laba yang besar atau tidak. Jangan sampai tergesa-gesa dalam menghitung dan menuliskan poin penting ini supaya mendapatkan hasil laporan yang maksimal.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa download contoh laporan keuangan rumah makan di bawah ini.

Download Disini

Membuat Laporan Keuangan Lebih Mudah dengan Software Akuntansi Nesto

cta contoh laporan keuangan rumah makan

Nah, setelah melihat contoh laporan keuangan rumah makan di atas, kamu bisa memutuskan apakah pembuatan laporan keuangan akan tetap manual atau menggunakan aplikasi khusus.

Buat kamu yang tidak mau ribet, kamu bisa gunakan software akuntansi seperti Nesto. Ini akan menghemat banyak waktu dan tenaga dibandingkan kamu harus mempelajari rumus-rumus di Microsoft Excel untuk membuat laporan perusahaan rumah makan.

Nesto memiliki fitur-fitur akuntansi yang dapat membantu proses perpajakan, pembukuan, inventory, hingga bisnis UMKM dan operasional perusahaan dengan lebih efisien.

Nesto juga dilengkapi sistem berbasis cloud sehingga memudahkan kamu untuk mengakses data-data dengan lebih mudah melalui gadget pribadi. Segera gabung sebagai bagian dari Nesto. Uji coba gratis selama 3 bulan, klik di sini. Jangan lupa terus ikuti update artikel seputar bisnis dan keuangan menarik lainnya di Blog Nesto Accounting Software, ya!

Leave a Comment