contoh laporan keuangan yayasan sekolah

Contoh Laporan Keuangan Yayasan Sekolah dan Cara Membuatnya

Sebagai pemilik yayasan sekolah, laporan keuangan yang akurat adalah bagian penting dalam mengelola, mengatur, dan memahami kondisi finansial lembaga. Meskipun konsep ini mungkin tampak rumit dan berlebihan, namun sebenarnya prosesnya dapat disederhanakan.

Namun, sebelum melangkah terlalu jauh dan melihat contoh laporan keuangan yayasan sekolah, ada baiknya kamu mengenali lebih dahulu tentang apa itu laporan keuangan dan bagaimana manfaatnya bagi sebuah yayasan sekolah.

Apa Itu Laporan Keuangan?

Laporan keuangan adalah praktik akuntansi standar yang dipakai untuk mengungkapkan informasi finansial dan kinerja suatu instansi selama periode tertentu, biasanya secara tahunan atau triwulanan. Secara sederhana, ini sangat penting untuk memahami berapa banyak uang yang dimiliki, dari mana uang itu berasal, dan ke mana uang kamu harus pergi.

Adanya pelaporan, penting bagi manajemen untuk membuat kebijakan yang terinformasi berdasarkan fakta kesehatan finansial yayasan. Dewan donatur biasanya juga akan menjadikan laporan tersebut sebagai bahan pertimbangan apakah akan terus memberikan donasi atau tidak. Singkatnya, memiliki peranan dalam menjadi sarana evaluasi.

Lebih jauh, laporan keuangan akan memberikan wawasan tentang kinerja yayasan. Informasi ini bermanfaat dalam dua cara, yakni kepatuhan terhadap persyaratan peraturan dan menilai kinerja secara internal untuk merencanakan dan menyesuaikan perkiraan.

Kepatuhan terhadap peraturan adalah suatu keharusan dalam hal mengelola organisasi, kamu tidak hanya memiliki persyaratan laporan keuangan secara khusus, tetapi juga berkutat pada tenggat waktu yang ketat untuk memberikan informasi rinci tentang kondisi finansial lembaga, yaitu kepada dewan yayasan dan pemangku kepentingan utama lainnya. Itu akan membantu mereka membuat keputusan rasional tentang masa depan organisasi.

Selain persyaratan peraturan, organisasi secara internal harus dapat menilai kinerjanya. Organisasi keuangan dan akuntansi berada di bawah tekanan besar untuk memberikan laporan keuangan yang kompleks secara cepat dan akurat kepada para pemangku kepentingan.

Nah, di artikel kali ini, kami akan memberikan contoh laporan keuangan yayasan sekolah yang bisa dijadikan acuan.

Apa Saja Manfaat Laporan Keuangan bagi Yayasan Sekolah?

Tanpa adanya laporan, sulit untuk memahami seberapa baik kinerja yayasan sekolah dari sudut pandang keuangan. Tidak hanya penting bagi manajemen menilai stabilitas kondisi finansial lembaga, tetapi juga diwajibkan oleh undang-undang untuk pajak dan praktik akuntansi standar.

Oleh karena itu, penting untuk membuat laporan yang tepat, kalau bingung, kamu bisa ikuti contoh laporan keuangan yayasan sekolah.

Berikut beberapa manfaat yang ditawarkan oleh laporan keuangan bagi yayasan sekolah.

1. Membantu membuat keputusan keuangan yang lebih baik

Menganalisis dan memahami laporan keuangan adalah kunci ketika lembaga perlu membuat keputusan penting. Laporan keuangan memungkinkan manajemen untuk mengidentifikasi tren, potensi hambatan, dan secara aktif melacak kinerja keuangan mereka secara real-time.

Tetap berada di atas koridor sesuai kondisi laporan keuangan kamu akan memberi dasar yang dibutuhkan untuk membuat keputusan ekonomi sekolah yang cepat dan tepat ketika saatnya tiba.

2. Membantu mengelola utang

Sekolah meski tujuan utamanya bukanlah untuk berbisnis, tetapi tidak dapat dimungkiri bahwa ada aspek komersialisasi yang terlibat di dalamnya.

Tak heran, pada prosesnya akan ditemukan sejumlah utang untuk mendukung pengelolaan yayasan sekolah agar berjalan lancar, di mana siswa dapat belajar dengan sebaik-baiknya.

Laporan keuangan memberikan pemilik yayasan dan manajemen tentang wawasan langsung ke dalam aset dan kewajiban mereka saat ini. Juga, tentang bagaimana mereka harus secara efektif mengelola utang yayasan ke depan.

3. Menyederhanakan pajak

Salah satu alasan mengapa kamu perlu mempelajari contoh laporan keuangan yayasan sekolah adalah untuk berurusan dengan pajak.

Laporan keuangan diwajibkan oleh undang-undang untuk tujuan pembayaran pajak. Adanya laporan yang akurat mengurangi kondisi finansial lembaga, ini tentunya akan menghemat banyak waktu dalam mengurus administrasi. Hal ini juga akan mengurangi beban keseluruhan yang menyertai pengajuan pajak yayasan kamu setiap tahun.

4. Bukti kepatuhan

Bukan rahasia lagi bahwa laporan keuangan yang akurat dapat meningkatkan kinerja instansi dan segenap staf di dalamnya. Selain itu, juga menjamin bahwa kegiatan operasional suatu lembaga mematuhi hukum dan peraturan yang diwajibkan oleh pemerintah setempat.

5. Catatan transparansi keuangan

Pemangku kepentingan eksternal harus meneliti posisi keuangan lembaga sebelum mereka memutuskan untuk berdonasi secara resmi. Adanya laporan merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan integritas keuangan yayasan dan membangun kepercayaan dengan calon donatur.

Hal ini juga akan mengurangi adanya rasa curiga atau prasangka buruk dari pihak-pihak lain, seperti orang tua siswa, itu lah mengapa kamu perlu mempelajari contoh laporan keuangan yayasan sekolah agar bisa melaporkannya dengan tepat.

Tips dalam Membuat Laporan Keuangan Yayasan Sekolah

Sebelum masuk ke contoh laporan keuangan yayasan sekolah, kamu perlu membaca dulu tips apa yang penting diketahui.

Proses produksi laporan keuangan untuk memberi informasi kepada para pemimpin internal dan pemangku kepentingan eksternal menjadi semakin kompleks setiap tahunnya.

Ketika yayasan harus mengumpulkan lebih banyak data dari berbagai sektor dan sistem, tim pembuat laporan keuangan akan menghadapi volume rekonsiliasi data yang lebih tinggi, pencarian spreadsheet, konsolidasi laporan, koreksi kesalahan, tinjauan, persetujuan, dan masih banyak lagi.

Belum lagi jika mengalami pusing berkelanjutan dan kehilangan jam kerja karena tugas tersebut dilakukan secara manual selama prosesnya, yang notabene melibatkan banyak orang. Mulai dari potensi kesalahan penyalinan, memperbarui spreadsheet yang berbeda, dan mungkin pengelolaan ulasan dan komentar dari sejumlah PDF terkait.

Untuk memudahkan pekerjaan kamu dan mempersingkat skemanya, sebaiknya simak tips berikut ini.

1. Kumpulkan data

Buat template fleksibel yang memungkinkan kontributor mengirimkan data terstruktur dan tidak terstruktur secara konsisten. Manfaatkan proses pengumpulan yang konsisten untuk menormalkan data tersebut, sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk memformat ulang.

2. Atur informasi

Bangun dan tentukan kumpulan data yang dapat dikelola melalui penandaan, filter, dan kontrol metadata lainnya. Kembangkan pedoman laporan, template, atau format standar yang dapat diterapkan di seluruh organisasi.

Gunakan fitur ‘list izinkan’ untuk membatasi siapa yang dapat melihat dan mengedit dokumen, halaman, atau sel spreadsheet tertentu untuk membantu menjaga integritas data.

3. Bekerja dari satu sumber data

Simpan setiap elemen data di satu tempat. Pastikan semua orang menarik data dari repositori sumber untuk menghilangkan kesalahan dan inkonsistensi.

4. Berkolaborasi di seluruh organisasi

Buat lingkungan laporan keuangan bersama namun aman, di mana pengguna dapat bekerja secara bersamaan, bukan satu per satu. Hilangkan waktu yang terbuang percuma dengan menghindari proses yang melibatkan sistem checkout, drive bersama, dan kemacetan alur kerja lainnya.

5. Tinjau, setujui, dan tanda tangani dokumen yang sama

Ciptakan lingkungan di mana penulis, editor, peninjau, dan auditor yang berjauhan dapat bekerja sama dalam dokumen itu daripada secara terpisah.

Tetapkan aturan tertentu agar siapa pun yang terlibat meninggalkan umpan balik di dalam dokumen, bukan di email atau offline, sehingga semua orang dapat melacak pertanyaan, tanggapan, serta resolusi grup.

6. Buat laporan akhir di satu lokasi

Berikan semua orang di tim pembuat laporan keuangan satu tempat di mana sumber informasi berada. Sederhanakan proses pencarian data terbaru untuk mengalir ke laporan naratif, dasbor, buku kerja, dan presentasi. Permudah proses navigasi sistem dengan menggunakan laporan dari periode sebelumnya sebagai permulaan.

Contoh Laporan Keuangan Yayasan Sekolah

Agar semakin jelas, kamu bisa mengunduh contoh laporan keuangan yayasan sekolah lewat tautan di bawah ini. Adapun labelnya tinggal menyesuaikan dengan nama instansi.

Download Disini, Gratis!

Membuat laporan keuangan secara mudah dan akurat tak perlu ribet. Kamu juga tidak perlu repot menggunakan template/contoh laporan keuangan yayasan sekolah. 

Sekarang, sudah ada software akuntansi online dari Nesto. Aplikasi Nesto telah dipercaya ribuan klien di seluruh tanah air seperti Sriwijaya Air, Navios, Nieve, dan banyak lagi untuk membantu tugas pembukuan bisnis dengan modern.

cta contoh laporan keuangan yayasan sekolah
Leave a Comment