cover contoh slip gaji karyawan

Pebisnis Muda, Simak Contoh Slip Gaji Karyawan dan Cara Membuatnya

Apakah kamu memiliki usaha sederhana dengan beberapa orang karyawan? Atau, kamu sedang gencar mengembangkan usaha keluarga? Kamu perlu mengetahui bahwa ciri perusahaan yang berkualitas itu salah satunya diukur dari pemberian gaji karyawan.

Sebagai pemilik usaha, pasti kamu tidak jarang berurusan dengan gaji para karyawan. Sejak awal perekrutan hingga penempatan unit kerja, calon karyawan pasti sudah dijelaskan mengenai skema pemberian slip gaji hingga ketentuan penalti. 

Untuk kamu para pengusaha pemula, berikut penjelasan dan contoh slip gaji karyawan beserta cara membuatnya.  Kamu bisa pilih opsi yang paling mudah dipahami.

Contoh Slip Gaji Karyawan Sederhana

Umumnya setiap perusahaan sudah mempunyai format contoh slip gaji, baik perusahaan induk maupun cabang. Media atau aplikasi yang digunakan pun berbeda-beda, tergantung kebutuhan perusahaan dalam membuat slip gaji.

Sebagai seorang pengusaha muda, kamu harus menentukan kebijakan pemberian gaji terlebih dahulu sebelum membuat slip gaji, seperti tunjangan, bonus, upah lembur, sampai potongan upah. Di samping itu kamu juga harus menentukan besarnya gaji pokok tiap unit kerja sesuai beban kerjanya.

Semua komponen kebijakan pemberian gaji tersebut harus dicantumkan dalam slip gaji, sehingga para karyawan mendapatkan informasi mengenai gaji pokok, jenis upah lainnya, potongan pajak, macam-macam tunjangan, hingga potongan penalti. 

Semua slip gaji karyawan pasti mencantumkan detail sebagai prinsip akuntabilitas perusahaan terhadap dedikasi karyawan. Di akhir slip gaji, dituliskan gaji bersih yang diperoleh karyawan pada periode tersebut. 

Periode pemberian slip gaji karyawan juga berbeda-beda, tergantung kebijakan perusahaan. Umumnya slip gaji karyawan diberikan setiap tanggal 25 di akhir bulan.

contoh slip gaji karyawan pertama

Gambar 1 merupakan contoh slip gaji karyawan yang mendapatkan gaji bulanan. Tertulis jelas nama perusahaan serta identitas karyawan, seperti jabatan dan periode pemberian gaji.

Selanjutnya dicantumkan rincian pendapatan dan potongan gaji dalam satu periode. Setelah rincian tersebut dijumlahkan, maka akan didapatkan total gaji bersih.

contoh slip gaji karyawan kedua

Sedangkan gambar 2 merupakan contoh slip gaji karyawan yang ditulis menggunakan MS. word. Untuk rincian pendapatan, potongan, identitas dan pendapatan bersih sama dengan gambar 2.

Panduan Membuat Contoh Slip Gaji Karyawan Menggunakan Database Excel

Apakah contoh slip gaji karyawan di atas membantu kamu untuk memahami penulisan slip gaji? Jika iya, mari kita lanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu berlatih membuat slip gaji karyawan sederhana. Kali ini kita akan menggunakan Microsoft excel sebagai opsi. Ikutilah langkah-langkah berikut ini dengan cermat, ya.

1. Buatlah tabel dalam Microsoft excel.

Untuk membuat slip gaji karyawan menggunakan Microsoft excel tentu diawali dengan membuka excel dan menyiapkan tabel. Sesuaikan jumlah tabel dengan format yang kamu inginkan. Supaya mudah, kamu dapat membuat tabel seperti gambar 1. 

2. Mengisi komponen tabel.

Sesudah tabel sukses dibuat, kemudian masukan komponen dari slip pendapatan pada tabel yang telah disiapkan. Buatlah rincian komponen serupa contoh slip gaji karyawan, yakni rincian pendapatan, potongan, pajak, bonus, tunjangan, lembur serta yang lain. Pastikan pula kamu sudah menulis judul tabel bertuliskan ‘slip gaji karyawan’ serta identitas perusahaan.

3. Kreasikan dengan sheet baru.

Untuk memudahkan kamu memproses slip gaji di setiap periode, buatlah tabel data karyawan terpisah dengan komponen slip gaji lainnya. Identitas karyawan ini dapat berupa nama, jabatan, dan NIK serta tabel total pendapatan bersih, jumlah potongan, dan jumlah gaji kotor. Kamu cukup mengetik NIK atau nama karyawan, maka rincian slip gaji akan muncul secara otomatis dengan rumus vlookup. 

4. Menulis rumus excel.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kamu harus memahami rumus vlookup supaya data slip gaji muncul secara otomatis. Bila kamu menuliskannya secara manual, pasti menghabiskan banyak waktu dan menambah beban pekerjaan. Maka kita akan mempelajari cara menggunakan rumus excel.

Rumus excel paling mudah digunakan pada total penerimaan dan potongan gaji. Gunakanlah rumus =SUM(tabel awal:tabel akhir) lalu tekan enter. Untuk mengisi jumlah pajak penghasilan, sesuaikanlah dengan peraturan yang berlaku. Misalkan ditetapkan PPh 5% dari gaji, maka pada tabel PPh gunakan rumus =5/100*(tabel gaji). 

Pentingnya Membuat Slip Gaji Karyawan

Mendapatkan slip gaji bagi karyawan sangat membantu merencanakan rancangan keuangan mereka, mendokumentasikan pajak pendapatan, bukti resmi posisi kerja sampai menata ulang rencana karir ke depan.

Apakah kamu tau bila slip gaji merupakan salah satu dokumen penting untuk memeriksa latar belakang seseorang? Slip gaji karyawan berguna sebagai dokumentasi hukum atas klaim upah terhadap perusahaan. Bila perusahaan melakukan pelanggaran, tentu sangat mudah menghadirkan buktinya. 

Di samping itu, slip gaji juga berguna sebagai rekam jejak lintasan karir seseorang. Selembar slip gaji dari perusahaan sebelumnya, membantu pelamar kerja menegosiasikan besarnya gaji saat proses interview. Calon karyawan juga bisa membandingkan tawaran gaji dari perusahaan baru dengan gaji yang diterima di perusahaan lama. 

Pembuatan Slip Gaji secara Sistematis dan Modern

cta contoh slip gaji karyawan

Secara tidak langsung, slip gaji berperan sebagai laporan terperinci tentang pemasukan dan potongan gaji karyawan. Dokumen ini juga dapat digunakan sebagai bukti hukum ketika karyawan mengajukan kredit. 

Maka itu, penulisan slip gaji karyawan yang rapi dan terorganisasi dengan bantuan software akuntansi online akan sangat membantu pemilik usaha. Pebisnis tidak perlu repot mengetik atau mencetak slip gaji secara berulang tiap bulan. 

Sehingga, dengan software akuntansi online, kamu sebagai pelaku industri lebih fokus mengembangkan usaha, ketimbang hanya mengetik laporan slip gaji di excel yang menyita waktu. 

Nesto Accounting Software hadir untuk memberikan kemudahan dengan fitur-fitur akuntansi yang canggih. Dibuktikan oleh ribuan klien di seluruh Indonesia yang mengakui telah terbantu dalam hal pembukuan yang bebas ribet.

Yuk, ambil promo FREE Trial selama 3 bulan tanpa biaya atau terikat kontrak apa pun untuk merasakan manfaatnya langsung. Info selengkapnya atau bila butuh bantuan, kontak Whatsapp: +62 851-5608-2477 atau email: support@nesto.id.

Leave a Comment