Pahami Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing sebelum Promosi Produk
Digital marketing merupakan suatu cara untuk mempromosikan barang, jasa, atau brand dengan memanfaatkan media digital. Mungkin banyak yang mengira kalau digital marketing baru ada sejak internet marak digunakan, padahal kenyataannya, digital marketing sudah ada sejak lama.
Sejak tahun 1910, teknologi digital mulai dipakai, yaitu ketika stasiun radio menyiarkan pertunjukan opera di kota New York. Setelah itu, perkembangan teknologi melahirkan komputer dan internet sehingga digital marketing pun diperluas pengertiannya.
Digital marketing semakin banyak digunakan dan mampu menjangkau miliaran orang di seluruh dunia dengan biaya relatif lebih rendah. Tentunya hal tersebut sangat berbeda sebelum era internet, dan kini aktivitas digital marketing juga tidak lagi bersifat satu arah saja.
Nah, di kesempatan ini kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan digital marketing. Simak hingga usai, ya!
Apa saja Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing?
Sebelum kita menggunakan suatu metode, wajib mengetahui apa saja kelebihan dan juga kekurangannya, termasuk metode pemasaran digital marketing. Jika sudah memahami apa saja kelebihan dan kekurangan digital marketing, kamu bisa lebih yakin untuk menggunakannya atau tidak.
Banyak orang yang merasa kecewa dengan suatu hal karena terlalu mempercayai berbagai informasi yang ada di dalamnya, mereke lebih berfokus terhadap kelebihannya saja. Padahal mengantisipasi adanya risiko atau kekurangan juga sangat diperlukan.
Walaupun digital marketing sudah lama ada, namun belum semua orang di zaman sekarang sudah memahaminya.
Kelebihan Digital Marketing
Beberapa kelebihan digital marketing adalah sebagai berikut.
- Kegiatan pemasaran jadi lebih mudah
Digital marketing pastinya merupakan kegiatan pemasaran yang menggunakan media digital. Kegiatan pemasaran dengan digital marketing tentunya lebih mudah karena bisa mendapatkan customer lebih cepat dibandingkan dengan metode lain.
Digital sendiri adalah teknologi untuk bisa mendapatkan customer lebih spesifik, seperti menjaring customer yang memiliki minat dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan, sehingga meningkatkan penjualan.
- Pemasaran lebih efektif
Dengan menerapkan metode ini, kamu bisa menargetkan ingin berapa jumlah pengunjung yang datang ke website kamu atau toko online dalam seharinya. Untuk melakukan hal ini kamu bisa memanfaatkan media iklan digital marketing.
Hal tersebut pastinya berbeda dengan toko offline yang tidak bisa dikontrol, karena semuanya itu tergantung dari orang-orang yang datang ke toko tersebut dan sangat mungkin toko akan ramai hanya di saat-saat tertentu saja.
- Iklan terjangkau
Bidang digital marketing pastinya tidak akan bisa lepas dari yang namanya iklan. Sejak dulu iklan memang dijadikan sebagai media promosi yang paling banyak digunakan, seperti iklan di majalah, televisi, radio, atau koran.
Namun sayangnya, biaya untuk iklan konvensional ini sangatlah mahal sehingga para pebisnis kecil kesulitan. Hal tersebut berbeda dengan iklan yang ada di digital marketing karena biayanya terjangkau, mulai dari Rp50 ribu kamu sudah bisa menggunakan Google Ads, Instagram Ads, dan Facebook Ads.
Iklan digital bisa dilihat di berbagai media sosial dan web yang ada di Google. Digital marketing dengan iklan/ads banyak digunakan, baik itu perusahaan kecil hingga perusahaan besar sekalipun.
- Data pemasaran
Kelebihan terakhir dalam pembahasan kelebihan dan kekurangan digital marketing adalah data pemasaran. Seperti yang diketahui, semua aspek iklan digital, baik itu yang sesudah atau sebelum melakukan iklan, keuntungan paling besarnya adalah data yang bisa kita analisis. (khususnya untuk Google Ads dan Facebook Ads).
Kekurangan Menggunakan Digital Marketing
Kelebihan dan kekurangan digital marketing saling berdampingan. Setidaknya, ada dua kekurangan digital marketing yang bisa kamu ketahui, antara lain:
- Jika tidak ada pengetahuan dan pengalaman maka sulit diterapkan
Untuk kamu yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup, maka bisa dipastikan bahwa digital marketing ini akan sulit untuk diterapkan.
Bahkan, walaupun kamu memiliki modal besar, tapi tidak memiliki pengetahuan serta pengalaman yang cukup, kemungkinan besar semuanya itu akan sia-sia saja. Maka dari itulah, banyak perusahaan kecil hingga besar yang lebih memilih menggunakan agensi digital marketing.
Dashboard digital marketing yang paling banyak digunakan, seperti Google Ads, Facebook Ads Manager dan Google Analytics. Tools tersebut terkadang sangat sulit untuk dipahami oleh orang awam yang baru menekuninya. Setidaknya dibutuhkan waktu yang cukup untuk bisa belajar dan terbiasa.
- Membutuhkan passion
Kekurangan digital marketing yang kedua adalah dibutuhkannya passion. Sekarang ini banyak klien atau pebisnis yang mengalami kesulitan dalam menerapkan dan belajar digital marketing, seperti SMM, SEO, dan SEM. Hal ini dirasa wajar karena setiap orang memiliki passion yang berbeda-beda ya.
Sebagai contoh, pekerjaan sebagai pembuat kue pastinya akan sulit diterapkan oleh orang yang tidak memiliki passion di bidang kuliner. Maka dari itulah dibuat peminatan untuk setiap orang sehingga mereka bisa mendalami dan mengasah minat yang ada di dalam dirinya.
Solusi Menerapkan Digital Marketing yang Baik
Usai mengetahui apa kelebihan dan kekurangan digital marketing, mari kita simak apa saja solusi menerapkan digital marketing yang baik.
- Semangat belajar
Semua hal bisa kamu lakukan dan dipelajari asalkan semangat dan tentunya meluangkan waktu untuk terus belajar. Sekarang ini ada banyak cara untuk belajar, seperti ikut pelatihan atau seminar khusus mengenai cara kerja dan teknik digital marketing.
- Menggunakan staf ahli digital marketing
Kamu juga bisa memanfaatkan jasa digital marketing yang kini sudah lebih mudah ditemukan.
Software Akuntansi Modern untuk Bisnismu

Nesto merupakan software akuntansi modern yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu jalannya bisnis. Software berbasis cloud, mudah diakses, kontrol penuh akses pengguna, akurat, dan pastinya terpercaya.
Bahkan jika dibandingkan dengan membayar jasa seorang akuntan, biaya menggunakan Nesto jauh lebih terjangkau. Fitur-fiturnya juga lengkap, mulai dari paybills, invoicing, pajak, hingga pembuatan laporan keuangan instan. Pakai Nesto sekarang untuk mempermudah proses pembukuan bisnis, mulai dari Rp180k per bulan! Mulai aja dulu dengan coba uji pakai GRATIS 3 bulan, daftar di sini.