Pelajari Konsep Digital Marketing agar Brand Makin Populer

Apakah kamu menyadari bahwa di zaman sekarang ini banyak orang yang lebih berminat untuk membuka bisnis, dibandingkan jadi karyawan? Sebenarnya hal tersebut juga disebabkan karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia, sehingga banyak karyawan yang di-PHK kemudian membuka bisnis tertentu agar bisa tetap mendapatkan income.

Pembahasan kita pada kesempatan ini juga berhubungan dengan bisnis yaitu mengenai konsep digital marketing. Nah, untuk mengetahui konsep digital marketing ini, maka silakan simak pembahasannya hingga usai, yaa!

Apa itu Konsep Digital Marketing?

Mungkin dari kamu ada yang belum mengetahui tentang apa itu konsep digital marketing. Jadi, pengertian dari konsep tersebut secara luas adalah kegiatan pemasaran atau promosi untuk suatu merek (brand) dan juga produk dengan memanfaatkan media digital.

Sebagai contoh, kamu membuka usaha sabun organik, untuk menjual sabun tersebut maka kamu bisa membuat akun media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok.

Sedangkan untuk tujuan dari digital marketing yaitu agar bisa menarik konsumen dengan lebih mudah dan cepat, apalagi digital marketing bisa menjangkau konsumen secara lebih luas. Meskipun demikian, ada hal yang harus kamu perhatikan, bahwa perusahaan kamu juga harus membuat konten yang menarik.

Konsep digital marketing dapat digunakan untuk berbagai jenis bisnis, jadi bukan hanya salah satu bisnis saja yang dapat menggunakannya. Target konsumen juga bisa dijangkau dengan lebih spesifik. Kamu dapat mempelajari konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action) yang bisa digunakan sebagai dasar untuk menerapkan konsep digital marketing tersebut.

Apa saja Kelebihan dan Kekurangan dari Digital Marketing?

Setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya, termasuk digital marketing. Berkembangnya teknologi memang membuat kita bisa lebih mudah dalam menjalankan aktivitas, salah satunya pemasaran produk. 

Dulunya kita harus melakukan pemasaran secara konvensional. Namun, kini sudah ada digital marketing, sehingga lebih mudah menjangkau konsumen yang lebih luas. 

Untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan digital marketing, mari simak pembahasan di bawah ini:

Kelebihan Digital Marketing

Untuk kelebihan dari digital marketing yaitu sebagai berikut:

  1. Menyebar lebih cepat

Hal ini menjadi kelebihan yang mungkin telah diketahui oleh semua orang yang menggunakan konsep digital marketing. Strategi pemasaran satu ini bisa menjangkau lebih cepat, misalnya saja kamu sudah upload konten di media sosial dan para followers telah melihat konten tersebut. Apalagi jika para followers telah mengaktifkan notifikasi, pastinya penjangkauan juga akan menjadi lebih cepat.

  1. Evaluasi yang lebih mudah

Dengan adanya media sosial, maka kamu sebagai pebisnis bisa melakukan pengukuran mengenai seberapa banyak calon konsumen yang sudah dijangkau. Tentunya hal tersebut akan membuat kamu bisa melakukan evaluasi menjadi lebih mudah, bukan? Evaluasi sangat penting sehingga kamu bisa mengetahui apakah marketing yang dilakukan telah efektif atau belum.

  1. Menjangkau konsumen

Kelebihan yang ketiga dalam konsep digital marketing yaitu adanya audience persona yang sangat luas sehingga kamu bisa menjangkau orang-orang yang ada di seluruh dunia hanya dengan menggunakan jaringan internet.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan iklan yang ada di media sosial, seperti Facebook, Instagram, atau Twitter. Target konsumen bisa kamu tentukan mulai dari usia, di mana mereka tinggal, hobi, akun media sosial apa yang mereka follow, dan sebagainya.

Kapan saja dan di mana saja kamu bisa melayani konsumen, hal ini dikarenakan beberapa platform juga telah menyediakan pemesanan secara otomatis. Jadi, jika kamu belum sempat membalas pesan, maka bot bisa digunakan agar secepatnya membalas pesan dari pelanggan atau calon pembeli.

  1. Murah dan efektif

Sebelum ada digital marketing, biasanya marketing dilakukan secara konvensional yang pastinya membuat kita perlu mengeluarkan budget lebih. Selain itu marketing konvensional juga kurang efektif karena tidak bisa menjangkau lebih luas lagi.

Sedangkan dengan digital marketing, kita bisa melakukan pemasaran dengan lebih murah, mudah, dan tentunya efektif untuk menjangkau orang-orang di seluruh dunia.

  1. Membangun nama brand

Dunia maya memang berpengaruh sangat besar saat membangun suatu brand. Dengan demikian, orang-orang juga akan menjadi lebih mudah melakukan pencarian mengenai produk kamu secara online.

Selain itu, kamu juga bisa berinteraksi agar lebih dekat lagi dengan konsumen dan pelanggan. Jangan lupa ya untuk selalu memanfaatkan konten yang kamu miliki agar bisa meningkatkan brand awareness.

Kekurangan Digital Marketing

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, konsep digital marketing juga memiliki kekurangannya sendiri di balik berbagai kelebihannya. Kekurangan dari digital marketing yaitu:

  • Strategi digital marketing yang tidak selalu berhasil, kamu harus melakukan trial-error beberapa kali.
  • Harus mempunyai strategi manajemen yang tepat, jika strategi manajemen tidak dilakukan dengan tepat, maka digital marketing tidak berjalan dengan harapan.
  • Tidak semua orang menggunakan media sosial.
  • Tidak semua wilayah di Indonesia dan bahkan dunia, tersedia internet. 

Cara Memulai Digital Marketing

Bagaimana cara memulai digital marketing? Nah, setelah mengetahui berbagai kelebihan dari digital marketing, pastinya kamu merasa tergiur untuk langsung menerapkannya, yaa. 

Jika kamu belum mengetahui bagaimana cara memulainya, maka bisa menerapkan langkah-langkah yang ada di bawah ini:

  1. Siapkan marketing tools

Kini ada banyak sekali tools dalam hal digital marketing yang bisa kamu manfaatkan. Apalagi tools tersebut bisa disesuaikan dengan jenis digital marketing apa yang sudah kamu pilih.

  1. Konten yang menarik

Tentunya dengan konten yang menarik akan membuat para followers atau orang-orang yang melihat iklan jadi lebih tertarik untuk membeli. Maka dari itu, siapkan konten yang kreatif disertai dengan caption yang “menjual” agar makin menarik.

  1. Unggah konten dan evaluasi

Jika kamu sudah membuat konten, ini saatnya mengunggah ke media sosial yang diinginkan. Kemudian, lakukanlah evaluasi untuk setiap unggahan di media sosial tersebut. Ketahui mana saja konten yang akan memberikan feedback untuk usahamu dan tetaplah berfokus ke konten-konten yang baik.

Kamu juga dapat mengukur banyaknya konten yang dibuat untuk menarik minat konsumen sehingga kamu lebih mengetahui konten apa saja yang bisa membuat orang-orang membeli produk yang dijual. 

  1. Bergabung ke marketplace

Dan yang terakhir dalam cara memulai digital marketing adalah login dan bergabung ke marketplace. Daftarkanlah bisnis kamu, perbaiki profil dan bio di halaman marketplace kamu. Kedua hal tersebut memang sangat mempengaruhi terhadap citra dari produkmu.

Agar konsumen lebih tertarik, buatlah copywriting yang enak dibaca, berkualitas, dan menarik konsumen untuk ikut membeli produk kamu. Namun tetap ingat untuk selalu membuat copywriting yang sesuai dengan deskripsi produk, yaa.

Awali Strategi Marketing Bisnis dengan Software Pengelolaan Keuangan Modern

Sudah siap memulai konsep digital marketing untuk bisnismu? Jangan lupa, agar strategi marketing berjalan lancar, siapkan pula budget yang tersusun rapi dan sistematis. Nesto Accounting Software bisa menjadi andalan untuk pengelolaan keuangan bisnis secara otomatis, akurat, dan rapi. Tersedia promo GRATIS 3 bulan Nesto Accounting Software, tanpa biaya dan tanpa kontrak apapun! Info selengkapnya, boleh tanya-tanya via DM akun Instagram @nesto.id.

Leave a Comment