kunci sukses bisnis online

Ingin Tahu Kunci Sukses Bisnis Online? Ini 8 Rahasianya!

Di masa sekarang, hampir sebagian besar bisnis mengarah ke online marketing. Dengan dukungan teknologi digital, pemasaran bisnis menjadi lebih mudah, cepat, praktis, dan tentunya murah. Nah, ada beberapa kunci sukses bisnis online yang perlu dipahami para pelaku UMKM dan pebisnis handal. 

Biasanya, calon konsumen atau masyarakat akan mencari informasi tentang bisnis tertentu di internet, entah itu profil perusahaan, spesifikasi produk, ulasan, testimoni, cara pakai, harga, dan lainnya. Untuk itu, sangat penting memastikan agar website atau akun media sosial bisnis terlihat menarik dan mudah ditemukan di mesin penelusuran. 

8 Dasar Kunci Sukses Bisnis Online

Lantas, apa saja kunci sukses bisnis online yang bisa membantu para pelaku usaha? Ini dia daftarnya!

1. Buatlah Rencana Strategi Pemasaran Online

Kunci sukses bisnis online yang pertama adalah atur strategi. Jika kamu ingin mengembangkan strategi pemasaran digital yang prospektif, pelajari dulu demografis calon pelanggan atau target audiens. Misalnya, buat survey atau polling siapa saja calon pelanggan ideal. 

Pelajari perilaku konsumen saat membeli, bentuk komunikasi, dan kebiasaan serta produk yang diminati. Pada tahap awal ini, tetapkan juga batas anggaran keuangan dan buat materi konten pemasaran yang relevan untuk menjangkau calon audiensi. 

2. SEO atau Menambah Ranking Website 

Hampir semua website bisnis ingin berada di halaman pertama hasil mesin penelusuran. Namun, itu saja tidak cukup, selain posisi website, desainnya juga harus menarik.

Pengguna harus merasa nyaman dan mau terus menjelajahi website tersebut. Sehingga, akhirnya mereka membeli atau bertransaksi. Ini adalah salah satu kunci sukses bisnis online. Agar website terlihat eye-catchy, antara lain: 

  • Desain: Warna, teks, gambar, menu, aksesibilitas. Beberapa faktor tersebut dapat membuat desain website lebih menarik.
  • Isi/konten: Informasi yang ditampilkan harus jelas, ringkas, dan bermanfaat bagi pengguna. Ketika pengguna login, dia mencari solusi untuk masalah mereka dan jawaban atas pertanyaan mereka.
  • Waktu loading: Faktor lain yang sangat penting adalah kecepatan loading. Website harus memiliki kecepatan tinggi agar tidak ditinggalkan pengguna. Misalnya, gambar harus dikompres atau dioptimasi agar lebih ringan.
  • Keamanan: Sangat penting untuk memposisikan website dan meyakinkan pengguna bahwa halaman tersebut aman (https).
  • Responsif: Website harus sepenuhnya disesuaikan dengan format ponsel atau tablet karena saat ini internet bisa diakses dari perangkat apa pun, bukan hanya komputer.

Sekitar 25% lalu lintas website, bisa datang dari pengguna perangkat seluler. Smartphone sangat penting dan menjadi kebutuhan banyak orang. Penggunaan smartphone terus tumbuh dan berkembang. Saatnya menjadikan hal ini prioritas atau pengunjung tidak akan pernah kembali ke website.

  • Kontak: Sangat penting untuk menyediakan fasilitas bagi pengguna dan target audiens agar mudah saat ingin menghubungi perusahaan (nomor telepon, email, formulir kontak, dll.)

Semua faktor di atas adalah kunci sukses agar bisnis online makin mudah dijangkau pelanggan di internet. Selain itu, buatlah artikel yang berisi tentang perusahaan atau menautkan konten-konten relevan dari website maupun blog. 

3. Tingkatkan Pengalaman Belanja Konsumen

Masyarakat saat ini mencari lebih dari sekedar membeli produk/jasa. Konsumen mendambakan pengalaman belanja yang memuaskan, cepat, dan mudah. Sulit melayani pelanggan secara personal, jika bisnis online hanya mengandalkan chatbot atau mesin penjawab. 

Perusahaan harus berupaya menawarkan citra yang lebih akrab, dekat, dan personal kepada pelanggan, hal ini penting dan menjadi kunci sukses bisnis online. Perusahaan perlu memiliki kepribadian brand yang penting untuk terhubung secara emosional dengan masyarakat luas, dengan tetap fokus pada kebutuhan dan selera konsumen. 

Misalnya, memberikan layanan dukungan pelanggan selama 24 jam yang cepat, responsif, dan solutif. Konsumen ingin didengar dan tidak diabaikan. Jika perusahaan memiliki tim CS (Customer Service) yang terlatih dan peralatan memadai, maka dapat menciptakan ikatan bisnis yang sulit dipatahkan oleh kompetitor lainnya. 

4. Jejaring Sosial

Keuntungan besar memakai jejaring sosial adalah metode komunikasi yang murah, tapi efektif menjangkau publik yang sangat luas, hingga skala global. 

Masalahnya, pelaku usaha perlu tahu terlebih dulu, jejaring sosial mana yang cocok untuk bisnisnya, apakah Facebook? Instagram? Twitter? dll. Contohnya, untuk jenis bisnis yang mengutamakan foto seperti fashion, makanan, lifestyle, dll, bisa memakai Facebook atau Instagram. Sedangkan, politik bisa memakai Twitter atau Facebook. 

Sementara, untuk bisnis ke bisnis atau perusahaan B2B bisa menggunakan jejaring sosial seperti LinkedIn karena platform ini spesialisasi dalam dunia karir dan akademisi. 

5. Konten yang Menarik

Bisnis online tidak bisa begitu saja mengupload materi konten tanpa ada konsep tertentu. Hal ini bisa mengakibatkan konten atau posting blog terkesan acak dan tidak terorganisir. 

Untuk menarik lebih banyak pengunjung website, dan menghasilkan prospek atau pelanggan baru, maka perlu rencana dan strategi yang matang. Salah satunya dengan cara membuat konten yang terorganisir untuk mendukung setiap segmen saluran digital marketing online. 

Singkatnya, buatlah tim atau mengajak content creator untuk membuat penulisan artikel blog atau media sosial agar sesuai dengan strategi digital marketing brand. Atur juga jadwal postingan, apa yang harus ditayangkan dan tanggal berapa. Sehingga, konten akan lebih terkonsep, rapi, dan sistematis. 

6. Call-to-action yang Jelas

Buat call-to-action yang jelas dengan warna kontras untuk daya tarik visual pengunjung website. Tawarkan promo yang membuat pengunjung tergoda dan sulit menolak. 

Misalnya, “Beli Sekarang, Gratis 1 Produk”, “Discount 30% untuk 20 Orang Pertama”, “Amankan Seat Sekarang, Besok Harga Normal”, dll. 

Penawaran yang relevan memiliki nilai daya tarik bagi pengunjung agar mereka mau mendaftar, membeli, atau bertransaksi. Termasuk, memberikan kupon, download gratis, ebook, akses webinar, video, dll. 

5. Email Marketing

Email masih menjadi pilihan penting, meskipun, sekarang lebih populer Whatsapp untuk mengirimkan pesan, namun email akan tetap memiliki keunggulan tersendiri untuk menawarkan promo ke pelanggan. 

Email memiliki format yang bisa dipersonalisasi dan bisa dikelola sebagai daftar email pelanggan. Dari data alamat email pelanggan, bisa dianalisis untuk strategi pemasaran online berikutnya.

Setelah pengunjung bergabung ke mailing list, penting untuk mengirimkan beberapa email terjadwal dan bermanfaat selama 7-10 hari. Misalnya, email marketing bisa berisi tips atau tutorial berseri, informasi, wawasan, dan hal lain yang bisa meningkatkan kredibilitas brand. 

6. Tingkatkan Interaksi Audiens

Salah satu kunci sukses bisnis online adalah tetap menjaga kredibilitas dengan menjalin hubungan yang ramah serta meningkatkan interaksi audiens.

Setelah membuat jenis konten yang menarik di website atau media sosial secara terjadwal, sekarang saatnya menumbuhkan interaksi dan keterlibatan audiens. Hal ini dapat mengubah website atau akun media sosial sebagai sarana penjualan yang ampuh.

Contohnya, jangan hanya membuat konten yang mainstream. Tetapi, sesekali buat konten anti-mainstream yang mengedukasi audiens. Tanggapi setiap komentar audiens di postingan blog atau media sosial. 

Jawab pertanyaan secara jelas dan perhatikan gaya bahasa serta nilai yang tercipta. Kepercayaan audiens tumbuh seiring waktu, kemudian penjualan akan mengikuti kredibilitas brand ini. 

7. Pengiriman Cepat

Setelah pelanggan percaya dan melakukan transaksi, selanjutnya pertahankan layanan pengiriman yang tepat waktu dan cepat. Biasanya, konsumen akan memberikan ulasan atau rating yang baik, bila barang dikirimkan secepatnya. 

Di dunia modern yang serba praktis dan cepat, menunggu pengiriman yang lama bisa membuat konsumen kabur karena tidak sabar. Jadi, jika ingin mempertahankan bisnis online, pastikan untuk mampu bersaing dengan eCommerce raksasa yang memproses pengiriman secara cepat.

Percayalah, hal ini akan terbayar sepadan dalam ulasan dan komentar di akun media sosial bisnis. 

8. Harga Kompetitif

Saat menetapkan harga jual, lihat terlebih dulu skala pasar bisnis online. Apakah sudah ada banyak pesaing atau belum? Bayangkan betapa banyaknya pilihan yang bisa diambil pelanggan saat berbelanja dengan produk serupa. Ini jadi salah satu poin penting dalam kunci sukses bisnis online.

Agar bisnis online tampil lebih menonjol di tengah persaingan ketat, kamu harus mengungguli para pesaing dari segi harga, terutama dengan pelanggan baru atau konsumen yang baru pertama kali membeli. 

Seringkali, strategi ini dapat menjadi elemen penentu dalam meningkatkan penjualan. Meskipun barangkali konsumen sudah memakai brand terdahulu, tetapi kalau ada diskon harga yang membuat penawaran serendah mungkin, besar kemungkinan konsumen akan memilih harga murah dengan produk yang sama.

cta kunci sukses bisnis online

Bagaimana? Sudah siap menerapkan kunci sukses bisnis online di artikel ini? Karena sudah tak diragukan lagi, bisnis online adalah industri yang berkembang pesat di Indonesia dan seluruh dunia.

Di tengah pandemi, bisnis online semakin melesat lebih cepat dari yang pernah kita bayangkan. Maka dari itu, lengkapi pembukuan usaha dengan software akuntansi berbasis cloud yang lebih modern dan fleksibel.

Salah satunya adalah Software Akuntansi Nesto yang dirancang untuk memudahkan pelaku UMKM, freelancer, pebisnis, maupun industri menengah mengelola keuangan secara rapi dan sistematis. Tinggalkan pencatatan keuangan secara manual yang ribet dan menyita waktu. Sebab, aplikasi Nesto bisa menyederhanakan tugas administratif dan pembukuan secara otomatis.

Follow akun Instagram @nesto.id untuk melihat detail fitur Nesto dan penggunaannya di berbagai industri. Atau, gunakan Nesto FREE Trial 3 bulan, tanpa kontrak dan tanpa biaya apapun.

Leave a Comment