laporan arus kas metode langsung

Penjelasan Laporan Arus Kas Metode Langsung dan Contohnya

Bagi kamu yang sehari-hari berkecimpung dalam dunia pembukuan, mungkin sudah memahami bahwa ada dua jenis laporan arus kas, yaitu arus kas metode langsung dan tidak langsung. Nah, kali ini kita akan fokus ke pembahasan laporan arus kas metode langsung. 

Laporan arus kas metode langsung bertujuan agar lebih mudah dibaca. Sebab, metode ini akan mencatat semua penerimaan dan pengeluaran kas bisnis selama operasionalnya dalam periode akuntansi. 

Dalam arti kata sederhana, laporan arus kas menggambarkan dari mana uang berasal dan untuk apa saja uang dihabiskan. Untuk lebih jelasnya, yuk, simak bagaimana arus kas metode langsung disusun, berikut!

Penyusunan Laporan Arus Kas Metode Langsung

Berikut adalah daftar jenis tanda terima dan pembayaran yang paling umum digunakan dalam format metode langsung:

  • Tanda kuitansi yang diterima dari pelanggan
  • Pembayaran dibayarkan kepada pemasok
  • Pembayaran gaji karyawan
  • Pembayaran bunga
  • Pembayaran pajak penghasilan

Dapat dilihat, bahwa daftar pembayaran tersebut akan memberikan informasi laporan keuangan dari mana dan kemana uang usaha dialokasikan. Ini adalah salah satu keuntungan utama dari metode langsung, ketimbang metode tidak langsung. 

Umumnya, dengan laporan arus kas metode langsung, para investor, kreditur, maupun manajemen dapat membaca dengan mudah dan melihat dari mana perusahaan tersebut mengumpulkan uang dan kepada siapa saja dana dibayarkan. 

Maka dari itu, banyak para pakar akuntansi yang merekomendasikan agar semua perusahaan membuat laporan arus kas dengan metode langsung karena metode tidak langsung tidak mencatatkan jenis detail semacam ini. 

Sebagian besar perusahaan tidak mencatat dan menyimpan informasi akuntansi atau transaksional dari pelanggan, supplier, maupun vendor. Mereka akan mencatat dalam laporan laba rugi dan akun rencana, seperti inventaris, bahan baku, penjualan, dan lainnya. Jadi, sulit bagi kebanyakan perusahaan untuk mengumpulkan informasi.

Sebagai contoh, misalnya untuk mengetahui penerimaan dan pembayaran dari setiap sumber, kamu harus memakai rumus atau formula tertentu, yaitu Penerimaan dari pelanggan sama dengan penjualan bersih dalam satu periode tersebut ditambah piutang awal dikurangi piutang akhir. 

Demikian pula, pembayaran yang diberikan ke supplier dihitung dengan menambahkan pembelian, persediaan akhir, dan hutang awal. Baru kemudian mengurangi persediaan awal dan hutang akhir. Itulah mengapa, sebagian besar perusahaan tidak memakai metode ini karena sulit mengumpulkan informasinya. 

Selain itu, metode langsung harus didukung laporan rekonsiliasi yang disusun untuk verifikasi data kegiatan operasional sehari-hari. Laporan rekonsiliasi mirip seperti laporan kegiatan operasional dengan metode tidak langsung.

Membuat laporan rekonsiliasi ini sama pentingnya dengan menyiapkan laporan arus kas tidak langsung, sebagian besar perusahaan memilih untuk tidak memakai metode langsung. 

Jadi, pada dasarnya, laporan arus kas metode langsung menggunakan sumber arus kas dan disusun dalam laporan secara langsung. Sementara, di sisi lain, laporan arus kas metode tidak langsung menghitung arus kas dengan penyesuaian laba bersih tahun berjalan sebagai perubahan akun neraca. 

Inilah perbedaan mendasar antara metode langsung dan tak langsung. Meski begitu, keduanya tetap sama-sama melaporkan aktivitas pendanaan dan investasi perusahaan. 

Contoh Laporan Arus Kas Metode Langsung

Seperti yang dapat dilihat, semua aktivitas operasi dicatat dengan jelas oleh sumbernya. Pengelompokan ini memang sangat bermanfaat, akan tetapi biaya produksinya lebih besar ketimbang manfaatnya bagi pengguna eksternal.

contoh laporan arus kas metode langsung

Seperti yang tergambar di atas, laporan arus kas metode langsung mengungkapkan banyak detail tentang arus kas perusahaan, seperti uang kas yang dibayarkan kepada karyawan, pembayaran pajak penghasilan, dll.

Sementara, perhitungan untuk arus kas dari kegiatan investasi dan kegiatan pendanaan hampir serupa di semua perusahaan pada umumnya dan jauh lebih mudah.

Dalam perhitungan arus kas dari kegiatan operasi, akuntan perusahaan perlu membuat pilihan antara metode langsung dan metode tidak langsung.

Selain itu, Akuntan juga diwajibkan untuk menyusun rekonsiliasi laba bersih dan arus kas bersih dari kegiatan operasi dalam waktu yang berbeda. Maka itu, karena perlu disusun dengan cermat dan teliti, metode ini cukup menyita waktu dan tenaga akuntan, terlebih jika dibuat secara manual. Karena itu, sebagian besar akuntan lebih memilih metode tidak langsung.

Bagaimana Cara Kerja Laporan Arus Kas Metode Langsung?

Dengan arus kas metode langsung, perusahaan dapat mengurangi pembayaran tunai yang dilakukan dari penerimaan kas selama periode akuntansi yang sedang berjalan. Hal ini bisa menghasilkan perhitungan arus kas bersih dari kegiatan operasi.

Kas bersih dari kegiatan investasi dan pendanaan dimasukkan setelah arus kas bersih dari kegiatan operasional. Hal ini untuk mengetahui perubahan bersih dalam arus kas perusahaan di periode akuntansi tersebut. 

Sebaliknya, metode tidak langsung untuk menghitung arus kas bersih dari kegiatan operasional adalah proses yang relatif sederhana. Akuntan cukup mengambil penerimaan bersih dari laporan laba rugi lalu menambahkan kembali penyusutan. Selanjutnya, catat perubahan aset lancar, kewajiban lancar, dan sumber lain (Misalnya, keuntungan/kerugian non-operasional dari aset tidak lancar) di neraca.

Perbedaan antara metode laporan arus kas langsung dan tidak langsung tergantung pada arus kas dari bagian kegiatan operasi. Metode langsung menyiratkan bahwa arus kas dari kegiatan operasi akan mencakup kas yang dibayarkan kepada supplier dan kas dari pelanggan.

Metode tidak langsung akan mengungkapkan laba bersih dan penyesuaian yang diperlukan untuk mengubah total laba bersih.

Keuntungan Memakai Arus Kas Metode Langsung

Baik metode langsung maupun tidak langsung, akan sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Bergantung pada kebutuhan perusahaan masing-masing. 

Berikut adalah keuntungan memakai laporan arus kas metode langsung:

1. Transparansi

Metode langsung melaporkan sumber langsung penerimaan dan pembayaran kas, ini dapat membantu investor dan kreditur.

2. Ketepatan

Menggunakan angka real time untuk pelaporan keuangan adalah metode yang lebih andal untuk melacak arus kas.

3. Mudah dipahami

Metode langsung adalah yang paling mudah dibaca dan dipahami karena langsung. Pada dasarnya, metode ini mengurutkan transaksi perusahaan ke dalam kategori:

  • Positif, yang mencakup arus kas masuk (kas yang dikumpulkan dari pelanggan, pembayaran A/R yang diterima)
  • Negatif, yang mencakup arus kas keluar, seperti pembayaran sewa dan upah karyawan. Dengan cara ini, metode langsung sangat mirip dengan laporan bank.

Kekurangan Memakai Arus Kas Metode Langsung

Sementara beberapa perusahaan memilih untuk menggunakan arus kas metode langsung. Tak sedikit perusahaan lain menemukan bahwa metode langsung tidak cocok untuk pembukuan bisnisnya.

Beberapa kelemahan arus kas metode langsung adalah sebagai berikut:

1. Waktu dan tenaga

Metode langsung memerlukan pencatatan semua pengeluaran dan penerimaan kas, yang dapat memakan banyak waktu dan tenaga sang akuntan. Untuk alasan ini, metode tidak langsung biasanya lebih disukai dan merupakan praktik yang lebih umum digunakan.

2. Laporan rekonsiliasi

Berdasarkan GAAP (Generally Accepted Accounting Principles), bisnis yang menggunakan metode langsung diharuskan untuk mengungkapkan rekonsiliasi laba bersih dengan arus kas dari kegiatan operasi.

Keakuratan kegiatan operasi diverifikasi oleh laporan rekonsiliasi, yang mencantumkan laba bersih dan penyesuaian untuk transaksi non-kas dan perubahan dalam akun neraca. Tugas ini menambah pekerjaan ekstra dalam proses akuntansi, membuat metode ini kurang populer di kalangan akuntan bisnis.

Metode pelaporan arus kas secara langsung memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Pastikan perusahaanmu memilih opsi terbaik sesuai kebutuhan pembukuan bisnis. Agar lebih mudah mengelola pembukuan, gunakan Software Akuntansi Nesto berbasis Cloud.

cta laporan arus kas metode langsung

Nesto Accounting Software dirancang oleh tim ahli yang bergerak di bidang akuntansi selama bertahun-tahun. Sangat memudahkan tim perusahaan dalam menyelesaikan urusan pembukuan tanpa ribet.

Mulai dari perpajakan, purchasing order, pencatatan transaksi, rekonsiliasi bank otomatis, hingga pembuatan laporan keuangan dengan lebih dari 20+ template instan siap pakai!

Pakai GRATIS Nesto 3 bulan, daftar FREE Trial di sini.

Leave a Comment