Sebenarnya, Apa Manfaat Laporan Keuangan bagi Investor?

Hampir semua ahli akuntansi menyatakan ada banyak manfaat laporan keuangan bagi investor. Di dalamnya, berisi rincian perjalanan bisnis dalam menggunakan uangnya, mulai dari laporan neraca, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, dan laporan keuangan lainnya. 

Pemegang saham atau investor penting untuk memantau laporan keuangan agar bisa mengetahui sejauh mana kondisi kesehatan finansial perusahaan. Sebenarnya, masih ada banyak manfaat laporan keuangan bagi investor. Apa saja? Mari teruslah membaca, ya!

  1. Melihat kondisi keuangan perusahaan investor

Dalam laporan keuangan, investor bisa melihat secara mudah bagaimana kondisi umum suatu perusahaan. Secara keseluruhan, laporan tersebut akan memberikan gambaran yang bermanfaat dan memungkinkan investor mengambil keputusan keuangan atau menentukan perubahan strategi. 

Laporan keuangan adalah sumber informasi penting bagi kebanyakan investor yang ingin tahu perkembangan perusahaan. 

  1. Merencanakan masa depan bisnis

Perusahaan membuat laporan keuangan yang ditunjukkan setiap periode akuntansi tertentu, misalnya setiap bulan atau tahunan. Namun, ada juga beberapa investor yang meminta catatan keuangan berkala setiap hari atau bahkan mingguan. Untuk laporan keuangan tersebut, perusahaan diwajibkan oleh hukum untuk mengungkapkan informasi keuangan dasar.

Di masa sekarang, perusahaan semakin maju dan berkembang, mereka juga menambahkan proyeksi keuangan dalam laporannya. Sehingga, pemegang saham lebih mudah mengetahui ke mana arah bisnis dan apa yang diharapkan perusahaan, serta bagaimana cara mencapainya. 

  1. Menginformasikan pendapatan

Investor atau pemegang saham juga peduli dengan laporan keuangan karena alasan lain, yaitu informasi mengenai penghasilan bisnis. Setiap perusahaan memiliki struktur pembagian hasil keuntungan atau dividen yang berbeda bagi investornya. 

Struktur dividen ini sering kali dibagi menurut pendapatan atau profit bisnis. Jadi, investor atau pemegang saham bisa memiliki gambaran yang jelas tentang seberapa banyak mereka bisa mengharapkan keuntungan melalui dividen tersebut. Jika tidak, investor juga bisa tahu, ke mana perusahaan membelanjakan uangnya. 

  1. Menghindari kerugian

Selanjutnya, manfaat laporan keuangan bagi investor adalah menghindari kerugian. Laporan ini agar mereka bisa menilai dan melihat sendiri apakah perusahaan tersebut solvent (mampu melunasi utang) atau tidak. 

Perusahaan juga harus terbuka dan jujur tentang kondisi keuangannya. Sebab, dari laporan keuangan tersebut, investor akan mengetahui apakah tujuan perusahaan bisa berhasil atau tidak.

Laporan keuangan terkadang dapat  menunjukkan seberapa banyak utang, investasi berisiko, dan penyalahgunaan uang tunai yang bisa membuat investor jadi curiga dan memutuskan untuk menjual sahamnya. Sebab, investor tersebut tahu perusahaan sudah gagal. 

  1. Melihat potensi pertumbuhan bisnis

Salah satu manfaat laporan keuangan bagi investor adalah mereka bisa melihat potensi pertumbuhan perusahaan. Investor akan membeli saham dan menjadi pemilik saham sebagian perusahaan. Maka itu, investor harus tahu apakah bisnis tersebut akan terus tumbuh dan berkembang dari laporan keuangan berupa laporan laba rugi. Sehingga, mereka bisa menjual sahamnya lebih tinggi di masa depan. 

  1. Melihat berapa banyak utang perusahaan

Manfaat laporan keuangan bagi investor berikutnya adalah mengetahui jumlah utang perusahaan. Umumnya dari laporan neraca, akan mencantumkan jumlah utang atau kewajiban yang harus dibayar perusahaan. 

Apabila utangnya menumpuk, perusahaan sebagus apa pun akan mengalami kegagalan jika tidak memiliki pengelolaan keuangan yang baik. Perusahaan dengan jumlah utang yang berlebihan, mungkin membutuhkan bantuan modal usaha, dan biasanya dari para investor. 

Pada saat yang sama, tingkat utang tertentu bisa menjadikan perusahaan yang sehat kembali karena menunjukkan bahwa perusahaan masih mampu membayar utang-utangnya lagi dan membangun reputasi atau skor kredit yang lebih kuat. 

  1. Mengetahui aliran arus kas

Arus kas adalah catatan keuangan perusahaan tentang pendapatan dan pengeluaran uang tunai. Investor akan memeriksa laporan keuangan yaitu dikenal sebagai laporan arus kas. Tujuannya yaitu agar bisa mempelajari tentang dari mana dan ke mana uang perusahaan mengalir. 

Laporan arus kas juga mencakup informasi tentang investasi bisnis dan berapa banyak perusahaan membayar bunga. Hal ini berguna untuk memprediksi arus kas di masa depan, yang akan mempengaruhi seberapa cepat perusahaan bisa  tumbuh.

  1. Memantau jumlah modal atau ekuitas

Sebagian besar investor tertarik untuk membeli saham perusahaan. Karena itu, mereka akan memeriksa laporan keuangan, yaitu laporan perubahan modal. Dari laporan tersebut, investor bisa menentukan berapa nilai saham perusahaan bila dijual lagi. 

Nilai perusahaan ini termasuk semua aset dikurangi utang. Serta, arus kasnya dibekukan pada waktu tertentu selama sedang dianalisis. Modal investor akan sangat bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Investor dapat menghitung jumlah modal dari melihat informasi laporan neraca. 

  1. Menghitung laba bersih

Laporan keuangan juga memberikan manfaat bagi investor berupa perhitungan laba bersih. Laba bersih adalah uang yang tersisa dari bisnis setelah dikurangi biaya. Dengan melihat laporan keuangan, investor bisa menilai apakah perusahaan sudah mendapatkan keuntungan atau malah justru merugi. 

  1. Menghitung jumlah penjualan

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah produk atau jasa yang dijual bisnismu laris? Pertanyaan sederhana ini, hanya bisa dijawab dengan melihat laporan keuangan. Pasalnya, di dalam laporan keuangan terdapat pencatatan transaksi dari data penjualan. 

Investor tentunya tidak mau mengambil risiko membeli perusahaan yang produk atau layanannya sepi peminat. Maka dari itu, salah satu manfaat laporan keuangan bagi investor adalah untuk mendapatkan informasi terkait tingkat penjualan suatu perusahaan.

  1. Mengetahui kisaran margin perusahaan

Penjualan tidak akan ada artinya, kalau perusahaan tidak mampu menghasilkan uang. Investor juga ingin melihat seberapa banyak margin keuntungan yang didapatkan, baik secara keseluruhan maupun keuntungan tiap produk. 

Investor juga akan membandingkan margin produk tersebut dengan industri lain yang ada di pasar. Margin yang lebih tinggi umumnya bisa menghasilkan keuntungan pengembalian yang lebih besar bagi investor. Inilah salah satu manfaat laporan keuangan bagi investor, yaitu untuk melihat margin perusahaan.

Kalau jumlah margin perusahaan rendah, perusahaan harus memiliki rencana untuk meningkatkannya. Misalnya, dengan cara mengurangi biaya operasional yang tak perlu, membuat produk lebih unik, atau membuat produk murah untuk target pasar tertentu, agar margin meningkat. 

Percepat Pembuatan Laporan Keuangan dalam Hitungan Menit 

Sudah jelas kan, apa saja manfaat laporan keuangan bagi investor? Bukan hanya membantu investor mengambil keputusan lebih tepat. Laporan keuangan juga dapat membantu dalam hal pembiayaan atau meminjam uang modal usaha ke bank. 

Karena itu, daripada membuat laporan keuangan sendiri secara manual yang pastinya akan ribet dan membuang energi, gunakan Software Akuntansi Online Nesto. Sejak lama, Software Akuntansi Nesto dipercaya ribuan klien di Indonesia dalam hal pembukuan dan keuangan tanpa ribet. Fitur Software Akuntansi Nesto juga lengkap dan ideal untuk membuat laporan keuangan secara instan. Cocok bagi UKM, startup, perusahaan berkembang, hingga freelancer. Buktikan sendiri kemudahan fiturnya dengan coba pakai GRATIS selama 3 bulan. Daftar sekarang, yuk!

Leave a Comment