Pentingnya Digital Marketing untuk Pertumbuhan Bisnis

Kalau di masa lalu, jual beli online dianggap kemewahan. Di zaman sekarang, beli nasi goreng saja, bisa lewat aplikasi online. Pentingnya digital marketing atau pemasaran online tidak bisa diabaikan lagi, terutama bagi para pelaku UMKM atau bisnis yang sedang tumbuh. 

Sebelum kita membahas tentang apa itu digital marketing dan apa pentingnya digital marketing, mari kita periksa terlebih dulu fakta menarik berikut:

  • Ada sekitar 3,2 miliar orang yang aktif di platform media sosial SETIAP HARI. 
  • Menurut analisis Global World Index, dilaporkan rata-rata seseorang menghabiskan 2 jam 22 menit di internet. 
  • 51% konsumen mengenali brand atau produk di pasaran melalui smartphone. 

Dari fakta tersebut, digital marketing sudah menjadi hal yang lumrah dalam pemasaran. Bahkan, bisa dibilang digital marketing adalah salah satu cara paling ampuh menciptakan branding, menjangkau calon pembeli, serta tetap terhubung dengan para konsumen. 

Pentingnya Digital Marketing

Setelah memahami konsep dasar digital marketing, sekarang mari kita pahami apa saja pentingnya digital marketing berikut, ya:

  1. Menjangkau lebih banyak calon pembeli 

Ada begitu banyak orang di seluruh dunia yang menghabiskan waktu online dengan menjelajahi situs atau mencari produk tertentu. Kalau ingin bisnis kamu semakin cuan, kamu harus memaksimalkan channel digital marketing yang ada. Di sinilah peran utama digital marketing agar bisnismu bisa menjangkau audiens target yang potensial. 

Contohnya, kamu bisa menggunakan Google Ads, Facebook Ads, Blog/Artikel SEO, pemasaran konten di media sosial, dan banyak lagi. 

  1. Mempertahankan bisnis di tengah persaingan pasar 

Tahu sendiri kan, betapa ketatnya persaingan bisnis saat ini. Ada Amazon, Tokopedia, Shopee, dan lainnya. Bisnis yang baru tumbuh juga perlu menganalisis para pesaingnya. 

Melalui cara ini, bisnismu bisa tetap bertahan dan terus tumbuh mencapai tujuan. Kamu bisa mendorong pemasaran multi-channel yang lengkap. Mulai dari media sosial, optimasi mesin pencari, pay per click, dan banyak lagi. 

Yang terpenting adalah terus berusaha membuat konten-konten marketing yang bisa dibagikan di platform digital, seperti TikTok, Youtube, atau media sosial. Hal ini akan membantu brand atau bisnismu dikenal masyarakat lebih luas.

  1. Meningkatkan branding UMKM 

Bagi bisnis yang sedang tumbuh atau UMKM yang mulai berkembang, pentingnya digital marketing jangan dianggap sepele. Usaha kecil memakai digital marketing untuk membuat proses branding jadi lebih berkembang pesat di antara nama pesaing yang brandnya sudah dikenal luas. 

Salah satu aspek kunci dalam hal pentingnya digital marketing adalah pemilik UMKM dapat mengukur tingkat konversi secara real-time. Selain meningkatkan branding, usaha kecil juga dapat memperoleh manfaat dari digital marketing dengan beragai cara, misalnya dari program affiliate marketing, layanan SEO, media sosial marketing, dan sebagainya. 

Bila branding di dunia online berhasil, mengembangkan reputasi brand milikmu juga semakin mudah. 

  1. Menargetkan audiens yang ideal 

Dengan lebih dari 4,66 miliar pengguna internet di seluruh dunia, produkmu mungkin salah satu yang dicari netizen. Untuk itu, akan sangat sayang jika produkmu sulit ditemukan di dunia online. Kemungkinan, para calon pelanggan akan beralih ke pesaing. Bisnismu berisiko kehilangan calon pelannggan jika tidak bisa maksimal di dunia online. 

Namun coba bayangkan, kalau ketika calon pelanggan mengetik produk yang dicari, dan website atau akun profil media sosialmu yang muncul pertama kali. Kemungkinan besar calon pelanggan tersebut akan meng-klik dan membeli produkmu. Inilah peran pentingnya digital marketing. 

Kamu bisa menganalisis perilaku audiens dan mengambil tindakan untuk menjadikan mereka pelanggan. Misalnya, memberikan voucher 10% untuk pembelian pertama, diskon khusus bagi pendaftaran member, atau mendorong lebih banyak traffic agar mau menjadi follower di media sosial. Banyak banget, ide-ide yang bisa kamu coba, kan!

  1. Menambah interaksi dengan pelanggan 

Hampir sebagian besar orang saat ini membawa smartphone ke mana pun. Maka dari itu, bisnis yang sedang tumbuh perlu mengadopsi gaya digital marketing agar mudah diakses calon pelanggan kapan pun dan di mana pun. 

Pengguna perangkat seluler akan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Pelaku UMKM perlu menyadari hal ini dengan menerapkan konsep digital marketing, seperti membuat situs web atau aplikasi bisnis yang bisa dibuka lewat smartphone.

Bila bisnismu memiliki aplikasi atau website khusus, maka kemungkinan besar bisa lebih cepat dijangkau calon pembeli, serta mempermudah proses transaksi. 

  1. Menghemat biaya

Perlu diketahui, bagi setiap bisnis, efisiensi biaya adalah salah satu prioritas penting. Tak seperti pemasaran tradisional, digital marketing menawarkan penghematan biaya. Selain itu, usaha kecil merasakan pentingnya digital marketing karena hasilnya juga lebih cepat, dengan budget minimalis. 

Tak cuma menjangkau audiens target yang luas, pelaku UMKM dapat mengembangkan strategi marketing untuk melayani audiens target tertentu. Menjalankan kampanye digital marketing dengan Google Ads, Facebook Ads, atau metode lain, anggarannya jauh lebih murah, namun hasilnya tetap efektif. 

  1. Lebih mudah menganalisis strategi pemasaran 

Sulit menganalisis dan mengukur keberhasilan digital marketing? Jangan khawatir, sekarang sudah ada banyak tools marketing yang bisa dicoba. Contohnya seperti Google Search Console, Google Analytics, Ads Manager, dll. 

Dari beberapa tools tersebut, kamu bisa menganalisis data dan mengukur kinerja kampanye mesin pencarian untuk setiap audiens target yang berbeda. Bahkan, ada juga tools yang bisa membantu menganalis aktivitas kompetitor brand. Dengan alat bantu digital tersebut, pelaku UMKM bisa lebih mudah membuat keputusan yang tepat. 

Digital Marketing Sukses, Profit Usaha Berkembang Pesat

Sudah terbukti jelas kan, pentingnya digital marketing untuk meningkatkan penjualan dan omzet usaha? Kalau begitu, sekarang saatnya meningkatkan strategi digital marketing yang efektif, agar penghasilan usaha terus melejit.

Agar pengelolaan keuangan usaha terkendali, gunakan Software Akuntansi Online dari Nesto. Ideal untuk pelaku UMKM, bisnis yang sedang tumbuh, freelancer, dan perusahaan berkembang lainnya.

Fitur-fiturnya juga lengkap untuk menangani urusan pembukuan usaha tanpa ribet! Mulai dari payment, receive, invoice, vendor bills, jurnal entries, purchase order, hingga laporan keuangan instan dalam sekali klik. Mari coba GRATIS 3 bulan Nesto dan permudah operasional akuntansi bisnismu dengan biaya yang murah mulai Rp180k per bulan! Jangan lupa yaa, ikuti terus artikel terupdate Blog Nesto untuk info menarik lainnya. Follow dan like akun Instagram @nesto.id karena bakal ada promo dan kuis menarik setiap saat!

Leave a Comment