perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen

Apa Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen?

Akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen sekilas terdengar mirip. Namun, ada perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen yang mendasar. Bila kamu ingin menjadi pebisnis handal, penting mengetahui beda keduanya. 

Misalnya, kalau kamu mengelola tim sales force, kamu juga perlu tahu bagaimana menyusun serta membaca laporan keuangan sesuai akuntansi periode sebelumnya. Sekaligus, kamu juga perlu memprediksi anggaran keuangan di masa depan. 

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menganalisis profit usaha dan membuat rencana strategis yang efektif untuk perusahaan. Nah, agar tidak tertukar, simak perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen di bawah ini!

Pengertian Akuntansi Manajemen

Sering disebut juga sebagai akuntansi manajerial, akuntansi manajemen adalah cara membuat keputusan yang dipakai manajer atau direktur terkait hal-hal operasional sehari-hari perusahaannya. 

Salah satu poin penting yang membedakan akuntansi manajemen adalah bahwa metode ini tidak didasarkan pada kinerja di masa lampau. Melainkan, justru pada tren yang berlangsung saat ini dan masa depan. 

Contoh akuntansi manajemen atau akuntansi manajerial, katakanlah kamu harus menentukan seberapa banyak bisnis harus mengeluarkan biaya untuk meluncurkan produk baru? Atau, berapa banyak pendapatan yang mampu dihasilkan produk tersebut di masa depan? 

Contoh lain dari akuntansi manajemen, misalnya kamu harus memutuskan kapan harus mengganti komputer lawas di kantor. Sebab, sebagai pebisnis, kamu perlu membuat keputusan operasional yang cepat dan tepat. Akuntansi manajemen harus mengandalkan prediksi pasar dan tren masa depan. 

Pengertian Akuntansi Keuangan

Dalam dunia bisnis, akuntansi keuangan ibarat rapor atau laporan yang menjadi pedoman pemilik bisnis dalam mengetahui gambaran kondisi kesehatan finansial perusahaan. 

Banyak pihak yang membutuhkan laporan akuntansi keuangan usaha. Bukan hanya pihak internal, seperti direktur, manajer, karyawan, atau pemegang saham perusahaan saja, melainkan para klien, mitra bisnis, investor, hingga pelanggan atau konsumen juga bisa melihat akuntansi keuangan usaha. Bahkan, petugas pajak atau petugas pemerintah juga dapat melihat laporan akuntansi keuangan perusahaan bila diminta. 

Biasanya, laporan akuntansi keuangan diserahkan setiap periode akuntansi. Kalau suatu bisnis dianggap sebagai perusahaan publik di pasar saham, maka laporan akuntansi keuangan harus jadi bagian dari catatan publik. 

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Serupa tapi tak sama, lalu apa bedanya antara akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan?

Sebenarnya, terdapat perbedaan utama antara akuntansi keuangan dan manajemen, yaitu:

Akuntansi ManajemenAkuntansi Keuangan
Akuntansi manajemen disajikan kepada komunitas internal perusahaan.Akuntansi keuangan disiapkan untuk audiens eksternal.
Akuntansi manajemen dibutuhkan bagi manajer untuk membuat keputusan keuangan saat ini dan masa depan perusahaan.Akuntansi keuangan sangat penting bagi investor saat ini, dan calon investor di masa mendatang.
Akuntansi manajemen dapat didasarkan pada prediksi atau perkiraan karena sebagian besar manajer tidak memiliki waktu untuk mendapatkan angka pasti pada saat keputusan perlu dibuat.Bersifat eksak dan harus mengikuti prinsip akuntansi yang berlaku umum (GAAP).
Akuntansi manajerial adalah pemrosesan internal yang digunakan untuk memperhitungkan transaksi bisnis.Akuntansi keuangan adalah kumpulan data akuntansi untuk membuat laporan keuangan.
Penunjukan Akuntan Manajemen Bersertifikat dilatih dalam akuntansi manajerial.Orang yang telah dilatih dalam akuntansi keuangan memiliki penunjukan Akuntan Publik Bersertifikat.
Akuntan manajemen hanya mendapatkan pelatihan atau edukasi dari perusahaan. Sehingga, gaji menyesuaikan kesepakatan dengan perusahaan tempatnya bekerja.Akuntan keuangan membutuhkan lebih banyak pelatihan, edukasi, dan kursus sertifikasi, sehingga gaji akuntan keuangan umumnya lebih tinggi dari akuntan manajerial.
Akuntansi manajerial mengacu pada proses internal yang digunakan untuk memperhitungkan transaksi bisnis.Secara umum, akuntansi keuangan mengacu pada agregasi informasi akuntansi ke dalam laporan keuangan.

Tugas akuntansi terbagi antara perhitungan keuangan dan manajemennya. Sangat penting untuk menggambarkan perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen, sebab masing-masing memiliki jalur karir yang berbeda.

Terdapat sejumlah perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Isi laporan

Perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen yang pertama adalah di sisi laporan. Laporan akuntansi keuangan berisi tentang hasil keseluruhan bisnis, sedangkan akuntansi manajerial hampir selalu melaporkan pada tingkat yang lebih rinci, seperti laba menurut produk, lini produk, pelanggan, dan wilayah geografis. 

Laporan akuntansi keuangan lebih cenderung dibagikan kepada pihak luar. Sedangkan, hasil akuntansi manajerial lebih cenderung hanya digunakan oleh pihak dalam.

2. Efisiensi

Bila akuntansi manajerial melaporkan secara rinci apa saja masalah bisnis dan cara mengatasinya. Maka, akuntansi keuangan menyajikan profitabilitas dan efisiensi usaha. 

Laporan akuntansi manajemen bermanfaat dalam meningkatkan operasi usaha. Sementara, laporan akuntansi keuangan digunakan oleh pihak luar untuk memutuskan apakah akan berinvestasi atau menanamkan modalnya ke perusahaan tersebut atau tidak.

3. Informasi yang valid

Akuntansi keuangan mengharuskan catatan disimpan dengan presisi yang cukup besar, yang diperlukan untuk membuktikan bahwa laporan keuangan itu benar. Auditor luar mengandalkan informasi ini ketika mengaudit laporan keuangan perusahaan. 

Sebaliknya, akuntansi manajerial sering berurusan dengan prediksi atau perkiraan, ketimbang fakta yang terbukti dan dapat diverifikasi.

4. Fokus pelaporan

Orientasi atau fokus dalam laporan akuntansi keuangan adalah pembuatan suatu laporan finansial bisnis yang nantinya akan diperlihatkan ke pihak-pihak internal maupun eksternal perusahaan. 

Sementara, kalau akuntansi manajemen lebih fokus ke laporan operasional sehari-hari saja, sehingga cukup didistribusikan ke lingkungan internal perusahaan. 

5. Standar

Salah satu perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen yang menonjol adalah jika akuntansi keuangan harus mematuhi berbagai standar akuntansi, akuntansi manajerial tidak harus mematuhi standar apapun ketika informasi dikumpulkan untuk konsumsi internal perusahaan. 

6. Sistem

Akuntansi manajemen mengidentifikasi kendala atau masalah yang terjadi di sistem operasional bisnis agar segera bisa dicari solusinya. Sedangkan, akuntansi keuangan tidak begitu fokus kepada sistem operasional bisnis karena hanya memperhatikan laba atau keuntungan (berorientasi pada hasil). 

7. Jangka waktu

Akuntansi manajemen bisa mengelola anggaran dan prediksinya di masa depan. Dengan demikian, akuntansi manajemen bisa mengarah ke perkiraan usaha di masa depan. Sementara, akuntansi keuangan terkait dengan rincian keuangan yang sudah berlangsung atau berorientasi historis (masa lalu). 

8. Waktu

Laporan akuntansi keuangan memiliki kriteria agar diterbitkan pasca akhir periode akuntansi. Sementara, akuntansi manajemen diterbitkan secara berkala sebab informasi atau datanya dibutuhkan oleh para manajer. 

9. Penilaian

Akuntansi keuangan membahas penilaian aset dan kewajiban yang tepat. Dan, terlibat dengan penurunan nilai, revaluasi, dan sebagainya. Akuntansi manajerial tidak memperhatikan nilai barang-barang ini, hanya produktivitas usaha saja.

10. Sertifikasi

Tenaga ahli yang ditunjuk sebagai Akuntan Publik Bersertifikat telah dilatih dalam akuntansi keuangan. Sedangkan, tenaga yang ditunjuk sebagai Akuntan Manajemen Bersertifikat telah dilatih dalam akuntansi manajerial.

11. Tingkat gaji

Tingkat gaji cenderung lebih tinggi di bidang akuntansi keuangan dan agak lebih rendah untuk akuntansi manajemen. Hal ini mungkin karena ada persepsi, bahwa kalau menjadi akuntan keuangan juga membutuhkan lebih banyak pelatihan, sertifikasi, training, dan edukasi lainnya.

cta perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen

Nah, itulah beberapa perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Semoga pembahasan kali ini dapat dipahami dan memberikan manfaat, ya. 

Bila ada mengalami kendala untuk mengelola akuntansi dan keuangan bisnis karena harus menghitung dan mencatat secara manual, sudah saatnya beralih ke Software Akuntansi Online dari Nesto.

Nesto Accounting Software berbasis teknologi Cloud yang lebih sistematis, modern, dan real time. Sehingga, mengelola pembukuan usaha menjadi lebih simpel, cepat, dan akurat. Jika ingin mencoba langsung, silakan daftar FREE Trial 3 bulan tanpa biaya apapun, klik di sini.

Atau, untuk info fitur lebih detail, kamu bisa kepoin akun Instagram @nesto.id untuk update aktivitas dan info menarik lainnya.

Leave a Comment