strategi pemasaran produk

Bingung Ide Promosi Usaha? Intip Contoh Strategi Pemasaran Produk Ini!

Mau promosi usaha atau launching produk baru bisnismu sukses? Semuanya bergantung pada bagaimana strategi tim pemasaran produk. Ibaratnya, pemasaran produk adalah ujung tombak penjualan. 

Tak cuma merencanakan dan menjalankan strategi pemasaran produk, kamu mungkin juga butuh inspirasi atau contoh strategi pemasaran produk dari perusahaan ternama yang terbukti sukses di pasaran! 

Jadi, apakah kamu sudah mahir atau masih pemula di bidang pemasaran produk? Baca terus artikel tentang contoh strategi pemasaran produk berikut, ya!

Apa Itu Strategi Pemasaran Produk?

Pengertian dari strategi pemasaran produk adalah suatu proses pelaksanaan dan pengembangan rencana dalam mencapai tujuan atau sasaran pemasaran produk. Strategi ini harus dijalankan dengan baik agar berhasil memperkenalkan produk tersebut ke masyarakat luas. 

Apa Saja Strategi Pemasaran Produk?

Setiap usaha memiliki strategi pemasaran produk yang berbeda. Namun, ada beberapa hal penting yang bisa kamu ikuti agar langkah promosi bisa sukses.

  1. Kelompokkan kategori audiens 

Hindari memasarkan produk ke semua orang. Tapi, targetkan ke sekelompok audiens tertentu yang kemungkinan besar akan membeli produk tersebut. Audiens ini disebut dengan target pasar. 

Misalnya, berdasarkan usia, jenis kelamin, status ekonomi, tingkat pendidikan, perilaku, minat, dan sebagainya. 

  1. Pesan yang disampaikan 

Selanjutnya, pesan apa yang ingin disampaikan ke pelanggan tentang produk tersebut. Pesan ini harus ringkas, jelas, dan relevan dengan produk. Misalnya, kamu bisa membuat slogan atau tagline yang mudah diingat dan unik. 

Bila perlu, lakukan riset produk kompetitor agar kamu bisa membedakan produkmu dari para pesaing. 

  1. Harga produk

Salah satu strategi pemasaran yang tak kalah penting adalah menetapkan harga. Kamu perlu menemukan keseimbangan harga yang tepat untuk bersaing di pasar dan menghasilkan keuntungan. 

Pertimbangkan juga berapa harga yang mampu dibayar oleh calon pelanggan atau daya beli pasar untuk mendapatkan produk tersebut. 

Contoh Strategi Pemasaran Produk dari Perusahaan Ternama

Pengalaman adalah pelajaran berharga. Kamu bisa mengambil inspirasi dari contoh strategi pemasaran produk perusahaan besar berikut. Di antaranya: 

  1. Spotify: Memanjakan para pendengar musik 

Mendengarkan musik mungkin sudah menjadi hal biasa. Namun, Spotify menawarkan layanan streaming musik yang fokus pada pengalaman menemukan musik baru dengan mudah. Bahkan, kamu bisa memfilter lagu berdasarkan genre dan suasana hati. 

Spotify juga didukung kecerdasan buatan yang membentuk algoritma untuk membuat daftar lagu otomatis sesuai selera musik individu. Tentunya, pencinta musik akan sangat dimanjakan dan mendapatkan pengalaman yang benar-benar baru. 

  1. GoPro: Konten buatan pengguna (user generated content)

Meski bukan yang pertama, GoPro menjadi salah satu perusahaan yang mencapai sukses dan menjadi contoh strategi pemasaran produk untuk bisnis lain, yaitu dengan menerapkan konsep user generated content.

Dengan memakai kamera GoPro, siapa pun bisa membuat konten secara cepat. GoPro dengan mudahnya mendapatkan promosi dari para pembuat konten atau Youtuber ketika mengunggah foto atau video ke media sosial. 

  1. Sephora: Program loyalitas pelanggan

Sejak lama, program loyalitas menjadi andalan tim marketing. Contoh strategi pemasaran produk ini juga diadopsi oleh Sephora. Sephora menemukan trik program loyalitas yang inovatif dan inspiratif dengan imbalan berlimpah. 

Imbalan ini diberikan kepada pelanggan berupa insentif untuk pembelian selanjutnya. Sehingga, sangat efektif meningkatkan pemasaran “mulut ke mulut”. 

  1. Nike: Mempromosikan nilai humanis 

Siapa yang tak kenal slogan “Just Do It”? Tetapi, dibalik slogan ini ternyata ada strategi pemasaran produk yang jitu. Awalnya Nike hanya menjual pakaian olahraga, sekarang dengan slogan “Just Do It”, Nike ingin mengajak semua orang untuk berolahraga. 

  1. Starbucks: Minum kopi sebagai gaya hidup

Contoh strategi pemasaran produk yang sukses datang dari Starbucks. Jualan kopi sudah menjadi hal yang lumrah sejak bertahun-tahun silam. Namun, tim pemasaran Starbucks menciptakan pengalaman minum kopi yang lebih mewah, nyaman, dan eksklusif. 

Sekarang, siapa pun yang minum kopi di Starbucks dianggap sebagai orang yang memiliki gaya hidup tinggi, prestise, dan trendy. 

  1. Tesla: Melestarikan planet 

Tesla bukan hanya produsen kendaraan listrik, namun juga produk energi ramah lingkungan. Tesla unggul dengan menetapkan standar pasar yang tinggi dengan konsep kelestarian planet bumi. 

Bahkan, Tesla mendominasi pasar mobil listrik kelas atas. Hampir 80% pangsa pasar kendaraan listrik di Amerika dipegang oleh Tesla.

  1. Coca-Cola: Beralih target pasar 

Terkadang beralih target pasar adalah contoh strategi pemasaran produk yang tepat, Coca-Cola misalnya. Awalnya, menjual obat-obatan yang menyembuhkan sakit kepala dan kelelahan. Namun, setelah masalah pajak di akhir 1800-an, Coca-Cola mengubah target pasar ke minuman ringan. 

Peralihan target pasar ini adalah bagian penting dari keseluruhan strategi pemasaran produknya. Sampai sekarang, lebih dari 95% masyarakat dunia mengenali produk Coca-Cola sebagai minuman soda paling populer. 

Dukung Strategi Pemasaran Produk dengan Pengelolaan Keuangan yang Tepat

cta coba gratis sekarang

Pebisnis andal pasti tahu, dibalik kesuksesan strategi pemasaran produk, tentu ada biaya yang perlu dianggarkan. Pakai software akuntansi online dari Nesto untuk membantu pengelolaan keuangan secara modern dan digital. Termasuk mencatat pemasukan dan pengeluaran, perpajakan, hingga paybills dan invoicing. 

Nesto adalah software akuntansi online berbasis teknologi cloud. Sehingga, memungkinkan pengguna memantau pembukuan dan keuangan bisnis dari mana pun dan kapan pun lewat smartphone atau komputer. Dengan Nesto, kamu bisa meningkatkan sistem pembukuan bisnis agar lebih rapi, modern, dan otomatis, dengan biaya rendah. Hanya mulai Rp180k per bulan! 

Pas banget untuk UKM, freelancer, industri kecil, atau perusahaan berkembang. Coba dulu yuk fitur-fitur canggih Nesto dengan daftar DEMO gratis 3 bulan, di sini. Follow dan like Instagram @nesto.id untuk info dan penawaran promo terupdate!

Leave a Comment