7 Tips Belajar Akuntansi untuk Pemula agar Cepat Paham

Ingin belajar akuntansi, tapi ragu karena ga jago matematika? Jangan khawatir, akuntansi itu beda, lho, dengan matematika. Di dunia akuntansi, ilmu yang diterapkan adalah logika, berhitung, dan menghafal. Nah, artikel ini akan berbagi tips belajar akuntansi.

Asalkan kamu sudah memahami rumus atau formulanya, membuat laporan atau perhitungan akuntansi akan jauh lebih mudah karena sudah menghafalnya. 

Apalagi di zaman sekarang, keterampilan akuntansi sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Kalau kamu mampu menguasai ilmu akuntansi, itu mungkin akan memudahkan kamu dalam meningkatkan karir dan kesuksesan. 

Lalu, gimana agar bisa belajar akuntansi dengan baik? Yuk, simak tips belajar akuntansi berikut supaya kamu cepat menguasai dan paham.

1. Belajar cara membaca dan menganalisis laporan keuangan

Tips belajar akuntansi yang pertama adalah kamu perlu familiar dulu tentang tiga laporan keuangan utama, yaitu laporan neraca, laporan arus kas, serta laporan laba rugi. 

Laporan tersebut berisi informasi penting tentang pengeluaran, pendapatan, laba dan kinerja keuangan perusahaan. 

Neraca

Neraca umumnya merinci tentang harta/aset, utang, dan modal pemilik bisnis dalam periode tertentu. Hubungan ini digambarkan dalam persamaan akuntansi. 

Nantinya, neraca akan dipakai untuk memverifikasi neraca yang benar dan seimbang. Aset harus selalu sama dengan utang ditambah modal pemilik. 

Harta = Kewajiban/Utang + Modal

Laporan laba rugi 

Selanjutnya, laporan laba rugi atau profit and loss statement (P&L). Laporan ini menunjukkan pengeluaran, pemasukan, dan laba perusahaan. Biasanya, laporan laba rugi dibuat setiap 3 bulan sekali atau tahunan. 

Laporan arus kas 

Laporan arus kas mencantumkan dari mana dan ke mana aliran uang perusahaan selama periode tertentu. Laporan arus kas dikategorikan dalam aktivitas operasional, pendanaan, dan investasi. Selain itu, jika ada sumber dan penerima dana juga harus dicantumkan. 

Nah, dengan memahami komponen laporan keuangan di atas, akan lebih mudah mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis kondisi keuangan bisnis ke depannya.

2. Ikut kursus atau kelas akuntansi

Ikut kursus adalah salah satu tips belajar akuntansi yang bisa kamu terapkan. Karena, sekalipun bisa dipelajari sendiri dari buku-buku akuntansi yang ada di pasaran, terkadang jauh lebih mudah bagi pemula untuk gabung kelas atau kursus akuntansi.

Misalnya, ikut pelatihan akuntansi, seminar/webinar, kursus online, kelas akuntansi, dan masih banyak lagi. 

Di era digital saat ini, banyak kursus online akuntansi yang cocok untuk kebutuhan masyarakat milenial. Selain biaya yang cukup terjangkau, waktu belajar kursus online juga lebih fleksibel. 

Pastikan kursus online akuntansi tersebut memiliki sertifikasi dan kredibel. Sehingga, sertifikat yang diraih nanti bisa dipakai dalam portofolio untuk meningkatkan karir. 

Tapi, apapun metode pembelajaran yang dipilih, yang terpenting harus sesuai dengan budget, hasil yang diinginkan, jadwal, serta gaya belajar. 

3. Dedikasikan waktu belajar akuntansi 

Setelah memutuskan ingin memakai metode pembelajaran apa, sekarang atur waktu belajar yang paling nyaman dan efektif. Konsep akuntansi butuh ketelitian dan keahlian berhitung, kadang harus dipahami secara mendalam sebelum lanjut ke topik berikutnya. 

Jika ada yang dirasa belum begitu paham, pelajari lagi prinsip dasar agar membangun pondasi materi yang kuat. Jangan terburu-buru lanjut ke topik berikutnya yang lebih sulit. Tapi, perlahan-lahan secara bertahap pahami dan pelajari materi saat ini, sampai benar-benar menguasainya. 

Misalnya, selama 30-45 menit kamu bisa memperbanyak latihan soal atau membuat laporan keuangan di spreadsheet. Jadikan belajar sebagai rutinitas sehari-hari, agar proses belajarmu ada kemajuan.

4. Fokus pada penerapan di dunia nyata

Saat belajar akuntansi keuangan, perlu diingat bahwa tujuannya bukan semata-mata menghafal, tapi kamu akan menerapkan ilmu yang dimiliki untuk membantu perusahaan. Oleh karena itu, penerapan langsung adalah salah satu tips belajar akuntansi yang cukup penting.

Sebisa mungkin, perbanyak latihan atau mempraktikkan langsung persamaan dan konsep akuntansi dalam bisnis. Kamu juga bisa mencari perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga akuntan untuk program magang. Dengan begitu, kamu bisa praktik langsung di lapangan.

Ingat, akuntansi bukan sesuatu yang bisa dipelajari dalam semalam. Jadi, butuh praktik dan latihan berulang dari konsep materi yang sudah dipelajari. Dengan latihan yang cukup, kita bisa mengenali contoh atau studi kasus penerapan akuntansi di perusahaan, serta tempat bisnis nantinya. 

5. Pahamilah akuntansi bukan matematika

Tips belajar akuntansi selanjutnya adalah dengan memahami bahwa akuntansi berbeda dengan matematika. Matematika merupakan ilmu pasti yang dalam penerapannya sudah memiliki aturan yang baku dan mutlak. 

Hal ini berbeda dengan akuntansi yang cenderung mengandalkan logika berpikir. Dalam bidang akuntansi akan ditemukan beberapa pengecualian, di mana jawaban akhir akan sangat bergantung dengan konteks persoalannya. 

Oleh karena itu, orang-orang akuntansi dituntut untuk memiliki logika berpikir yang kuat. Meski begitu, kita tetap perlu memahami matematika dasar, seperti menjumlahkan, mengurangi, mengalikan, membagi, serta menggunakan desimal, pecahan, dan persentase. 

Tentu saja, kita masih bisa memakai kalkulator atau spreadsheet secara manual. Tapi, akan lebih bagus lagi, kalau bisa menguasai software akuntansi yang lebih sistematis dan terkomputerisasi. 

6. Gabung komunitas akuntansi

Ikut komunitas, baik online maupun offline di bidang akuntansi keuangan jadi salah satu tips belajar akuntansi yang bisa kamu pertimbangkan. Kita bisa belajar lebih banyak dari tenaga ahli dan profesional dalam hal pembukuan. Terutama, jika ada relasi konsultan akuntansi yang berpengalaman di dunia bisnis. 

Orang-orang dalam komunitas akuntansi profesional sudah memiliki banyak pengalaman dan pernah menghadapi berbagai tantangan dalam hal pembukuan. Maka dari itu, mereka bisa memberikan tips bermanfaat, dan membantu saat kamu menemui kendala saat menyelesaikan laporan akuntansi. 

Pertimbangkan pakai headphone untuk meredam kebisingan 

Belajar akuntansi secara online di rumah kadang-kadang susah jika terlalu berisik atau bising. Entah, suara lalu lintas, anak-anak, atau hewan peliharaan. Kita jadi sulit konsentrasi dan memahami materi yang tampil di layar monitor. 

Oke, ga perlu kesal atau pusing! Gunakan saja headphone untuk meredam kebisingan atau suara-suara yang mengganggu fokus belajar. Mau belajar di rumah? Di kafe? Atau, di tempat ramai lainnya? Headphone akan sangat bermanfaat dan membantumu lebih berkonsentrasi saat belajar akuntansi

Demikianlah beberapa tips belajar akuntansi yang bisa kamu coba agar makin paham materinya. Terus belajar dan konsisten agar bisa menunjukkan kemajuan progres yang makin pesat, ya!

Buat kamu yang masih menerapkan pembukuan secara manual dan kadang pusing bikin pembukuan sendiri, yuk, segera beralih ke software akuntansi online yang lebih modern.

Nesto Accounting Software adalah perangkat lunak berbasis teknologi cloud di bidang pembukuan yang sangat direkomendasikan di Indonesia. Nesto sudah diakui oleh ribuan klien di tanah air untuk menangani pembukuan bebas ribet.

Sangat cocok diterapkan untuk freelancer, UMKM, bisnis skala menengah, sampai perusahaan yang berkembang. Ingin tahu apa saja fitur dan keunggulannya untuk membantu akuntansi bisnismu? Langsung klik di sini, ya, dan nikmati demo GRATIS selama 3 bulan.

Leave a Comment