video marketing

Video Marketing sebagai Konten Pemasaran Digital, Kenali Jenis, Tips, dan Contohnya

Hampir 87% tim marketing memakai konten video marketing sebagai strategi pemasaran digital. Sebab, dalam satu video dapat disampaikan pesan yang lebih berkesan dan mendalam tentang produk atau brand.  

Setuju kan, kalau video pemasaran itu memang terbukti ampuh mempromosikan produk atau brand? Ikuti terus ulasannya di artikel ini untuk merinci apa itu video marketing, jenis, beserta tips dan contohnya. 

Pengertian Video Marketing

Membahas dari segi pengertiannya, video marketing adalah penggunaan video untuk memasarkan atau memperkenalkan suatu penawaran produk di saluran digital. Dalam arti kata lain, ketika kamu memakai video untuk memasarkan produk/jasa yang melibatkan media sosial atau saluran digital, inilah yang dikatakan video iklan atau video pemasaran. 

Menurut studi Hubspot Research, hampir 50% pelanggan memilih video pemasaran ketimbang jenis konten iklan produk lainnya. Sedangkan menurut laporan Brightcove, 85% konsumen milenial membeli produk atau jasa setelah menonton video.

Bisnis perlu memakai video pemasaran dalam landing page, media sosial, website, atau blog dan email untuk mendukung promosi produk. 

Jenis-Jenis Video Marketing

Adapun beberapa jenis video marketing:

  1. Video demo produk. Menjelaskan fitur atau manfaat produk. 
  2. Video wawancara. Berisi tanya-jawab atau talkshow tentang topik tertentu berkaitan dengan brand atau produk. 
  3. Video testimonial. Video pelanggan yang puas dan senang dengan pengalaman mereka menggunakan produk.
  4. Video event. Menampilkan event terkait brand atau produk. 
  5. Video tutorial. Menjelaskan bagaimana memakai fitur-fitur produk. 
  6. Vlog. Video blog yang merinci strategi pemasaran brand memakai video. 
  7. Webinar. Seminar berbasis website. 

Tips Membuat Video Marketing bagi Pemula

Setelah menentukan jenis video yang sesuai, sekarang coba ikuti tips-tips di bawah ini untuk membuatnya:

  • Tentukan target audiens

Siapa saja yang akan menjadi pemirsa atau audiens video pemasaran? Apakah kalangan anak muda? Milenial? Karyawan usia di atas 35 tahun? Semua hal ini akan berpengaruh pada berhasil atau tidaknya pesan video pemasaran yang dikembangkan. 

  • Pesan video 

Pikirkan secara matang apa saja isi konten video. Pesan video memperjelas audiens apa yang ingin ditampilkan atau dikomunikasikan oleh brand kepada target pemirsa. 

  • Platform video 

Selanjutnya, pertimbangkan juga akan memakai platform video apa. Beberapa ada yang memakai Vimeo agar lebih mudah. Namun, tak sedikit orang yang memakai Youtube dan Facebook untuk meningkatkan SEO dan penargetan audiens di media sosial. 

  • Budget 

Budget atau anggaran menjadi faktor penting yang memandu keputusan lain terkait pengembangan video pemasaran. 

  • Skrip/narasi 

Yang tak kalah penting adalah narasi atau skrip. Skrip menjadi kunci keberhasilan atau kegagalan video iklan.

  • Jenis video

Setiap jenis video membutuhkan metode pembuatan yang berbeda. Misalnya, video tutorial membutuhkan animasi dan pengeditan yang cukup banyak. Sedangkan, video live, cukup pengambilan gambar dan diunggah bersamaan. Menentukan jenis video dapat mempermudah penetapan materi iklan, tenggat waktu, dan keperluan video lainnya, seperti kostum, izin syuting, izin lokasi, properti syuting, dan lainnya.

Contoh Video Marketing

Di era saat ini, video sudah mendominasi dunia digital. Ada banyak contoh video iklan setiap kali kita membuka profil media sosial. Apalagi, jika kita mengakses Youtube atau website SaaS, video pemasaran sudah menjadi “makanan” sehari-hari. 

Beberapa contoh video marketing adalah sebagai berikut: 

  1. Landing page

Contoh video pemasaran di landing page adalah demo video milik Vimeo. Di dalam video demo tersebut, Vimeo menjelaskan alasan mereka adalah pilihan terbaik untuk bisnis B2B. 

  1. Video tutorial

Jika kamu pernah memakai Whatsapp di browser desktop, kamu akan melihat video penjelasan di halaman web.whatsapp.com. Misalnya, bagaimana cara memindai kode QR dan memakai Whatsapp berbasis website. 

  1. Kampanye media sosial

Contoh video iklan lainnya adalah Always. Brand Always menggunakan kampanye media sosial dengan tagar #LikeAGirl untuk mengembangkan video yang viral. 

  1. Vlog

Selanjutnya, Hubspot pernah membuat video iklan berupa vlog Hubspot Academy. Di mana, kontennya mengajarkan berbagai hal tentang inbound marketing. 

  1. Live video

Facebook pernah menayangkan secara langsung video Mark Zuckerberg menjelaskan tentang fitur dan rencana baru ke depannya. Hasilnya video iklan ini ditonton lebih dari sejuta pemirsa. 

Video Marketing Bagian dari Agenda Pemasaran Bisnis yang Penting 

Tim pemasaran bisnis tak boleh meremehkan betapa pentingnya video marketing untuk keberhasilan penjualan. Sebelum membuat rencana pemasaran, pastikan bisnismu menetapkan anggaran yang tepat. Untuk mempermudah pengelolaan anggaran bisnis, pakai Software Pengelolaan Keuangan Nesto.

cta coba sekarang

Seperti halnya bisnis lain, software akuntansi modern sudah menjadi kebutuhan bisnis. Tak perlu lagi mencatat atau menghitung pembukuan secara manual. Sebab, hal ini akan menghabiskan waktu, tenaga, dan pikiran. Nesto Accounting Software dapat membantu menangani urusan akuntansi secara otomatis, real-time, dan rapi. 

Yuk, coba aja dulu demo GRATIS fitur-fitur premium Nesto selama 3 bulan, daftar di sini. Info lebih lanjut atau ada pertanyaan lain, silakan follow dan DM akun Instagram @nesto.id

Leave a Comment