Fitur Quotation

Software quotation (penawaran harga) terbaik dan profesional

Nesto membuat proses pembuatan surat penawaran harga (quotation) untuk perusahaan dan bisnis UMKM jadi lebih sederhana dan profesional dengan tampilan yang menarik. Tertarik mencobanya?.
Telah dipercaya oleh

Kenapa Butuh Software Quotation?

Software manajemen quotation yang baik membantu kamu menjada informasi klien dan produ kamu tetap teratur dan tersedia secara real-time. Ini membantu dalam membuat katalog produk yang lebih efisien. Menjadikan penawaran kamu cocok untuk dipertimbangkan menjadi pemenang dalam persaingan.

Operasional penjualan yang lebih efisien

Dengan software surat penawaran harga, produk baru dapat diperbaharui secara otomatis dan dikonfigurasi harganya sesuai perubahaan dengan lebih mudah. Membuat waktu yang diperlukan dalam mengoperasionalkan penjualan lebih efisien.

Dapatkan laporan yang bisa ditindaklanjuti

Dengan memberikan software quotation yang real-time dan terintegrasi kepada tim kamu, menjadian mereka lebih mudah membuat perencanaan penjualan yang lebih baik di hari selanjutnya.

Tingkatkan penjualan dengan surat penawaran yang profesional

Selain harga, kualitas produk & layanan, dan pemasaran, proses penjualan memainkan peranan penting dalam meningkatkan penjualan produk bisnis kamu. Seluruh siklus penjualan membutuhan komunikasi dengan surat yang profesional dan lebih menarik daripada bisnis yang lainnya.

Tentang Software Quotation

Software akuntansi Nesto mampu membantu kamu dalam pembuatan quotation (surat penawaran harga barang/jasa) dan penagihan hutang/piutang kepada klien dengan lebih mudah dan cepat menggunakan template yang profesional.
Apa itu quotation?
Quotation adalah surat penawaran harga barang yang diberikan kepada pelanggan/klien setelah adanya permintaan. Biasanya, isi quotation dibuat berdasarkan kondisi project atau permintaan yang dikirim oleh klien
Apa manfaat software quotation?
Software pembuat surat penawaran harga tidak hanya membantu kamu membuat quotation yang ideal dalam hitungan menit. Namun, memberikan kamu kesempatan lebih besar untuk mengembangkan bisnis karena:
  1. Memangkas waktu yang diperlukan dalam proses negosiasi
  2. Tersedia puluhan template yang dapat disesuaikan dengan jenis bisnis dan industri perusahaan kamu
  3. Terintegrasi dengan laporan keuangan perusahaan kamu secara real-time
  4. Perhitungan pajak dan mata uang asing yang dapat dilakukan secara otomatis
  5. Mudah diakses kapanpun dan dimanapun
Apa yang bisa dilakukan oleh software pembuat quotation?
Untuk memenuhi kebutuhan bisnis kamu, aplikasi quotation terbaik dari Nesto dapat melakukan beberapa hal berikut:
  1. Mengirim invoice dalam format yang dapat disesuaikan dengan kebiasaan perusahaan kamu, entah itu PDF, email, HTML ataupun Excel
  2. Menghitung setiap pajak pada setiap penjualan yang akan dilakukan menggunakan fitur perpajakan yang berjalan secara otomatis
  3. Mengirim pemberitahuan secara berkala tentang pembayaran yang harus dilakukan oleh klien
  4. Menciptakan tranparansi antar tim kamu dengan software quotation yang terpusat dalam 1 server
Bagaimana contoh quotation yang benar?
Pada dasarnya, tidak ada standar baku mengenai template quotation. Masing-masing perusahaan dan bisnis UMKM dapat membuat surat penawaran harga barang dengan template yang mereka miliki. Yang menjadi perbedaan antara pembuatan quotation secara manual dan otomatis terletak pada sisi kecepatan dan profesionalitasnya. Umumnya, quotation akan berbentuk seperti berikut ini.

https://prnt.sc/1173fsd
Apa saja data di dalam quotation?
Beberapa data/element yang harus dicantumkan di dalam quotation antara lain:
  1. Header quotation, termasuk logo perusahaan, alamat, tanggal, nomor quotation, hal dan yang lainnya
  2. Kode (nama) produk/jasa yang ditawarkan lengkap dengan deskripsinya
  3. Jumlah dari produk/jasa yang akan ditawarkan
  4. Harga masing-masing produk/jasa
  5. Promo dan diskon (bila ada)
  6. Skema pembayaran
  7. Detail kontak
Apa perbedaan quotation dan invoice?
Dalam berbisnis (terutama B2B), kita akan sering mendengar istilah quotation dan invoice. Meskipun keduanya sama-sama akan dikirimkan kepada klien/pelanggan, kedua istilah ini memiliki peran dan fungsinya masing-masing.

Quotation dibuat dan digunakan pada saat klien mengirimkan permintaan kepada perusaahan kamu mengenai produk/jasa yang akan dibeli. Quotation dibuat berdasarkan format yang sudah disebutkan di atas dan akan dikirimkan kepada klien sebagai dokumentasi untuk mereview.

Berbeda dengan quotation, invoice digunakan pada saat bisnis kamu sudah menjalankan proyek dengan klien dan ingin mengirimkan surat tagihan pada saat layanan yang kamu berikan sudah diterima sesuai perjanjian. Sehingga, invoice akan dijadikan sebagai bukti akan terjadinya transaksi antara kamu dan klien mengenai produk/jasa yang diberikan.
Kenapa perusahaan produk dan jasa pelu memiliki quotation?
Karena, ada banyak perusahaan yang ingin membandingkan serta mereview produk/jasa yang kamu tawarkan dengan produk/jasa yang dimiliki oleh kompetitor kamu. Calon pelanggan tersebut akan melihat mana surat penawaran harga barang yang menurut mereka profesional, cocok dan lengkap.

Bila kamu tidak memiliki quotation, calon pelanggan akan merasa kesulitan untuk melihat detail apa saja yang sebenarnya ingin kamu jual. Hal ini tentu akan membuat mereka jadi ragu dan mundur untuk memilik produk/jasa yang akan kamu tawarkan.
Apakah quotation bisa dibuat secara otomatis melalui software/aplikasi?
Bisa. Nesto adalah software akuntansi berbasis cloud yang bekerja untuk membantu para pemilik bisnis mengelola keuangan jadi lebih mudah dan cepat. Salah satu fitur yang ada di dalamnya adalah membuat quotation secara otomatis dan berkala sesuai tenggat waktu yang sudah ditentukan.

Pembuatan quotation otomatis ini pun disupport oleh beberapa fitur lain yang membantu quotation bisnis kamu semakin menarik. Klik disini untuk melihat fitur yang lainnya.
Apakah data saya aman di dalam Nesto?
Program akuntansi komputer dari Nesto selalu melindungi informasi pribadi dan bisnis kamu. Untuk keamanan transaksi, kami menggunakan protokol Secure Sockets Layer (SSL) yang mengenkripsi informasi apapun, seperti nomor kartu kredit, informasi penagihan yang kamu kirimkan kepada kai secara elektronik, dan laporan keuangan perusahaan yang telah disimpan di dalam software.

Proses enkripsi melindungi informasi kamu dengan mengacaknya sebelum dikirim kepada program akuntansi komputer kami dari komputer kamu. Selain itu, data kamu dicadangkan di dalam program akuntansi komputer secara otomatis dan dapat diakses dari perangkat apapun, sehingga kamu selalu dapat terhubung secara real-time.

Kembangkan bisnis kamu bersama Nesto sekarang!

Tranparansi, integrasi, dan otomatisasi yang lebih baik bagi bisnis kamu